Sukses

Info

Cara Cairkan Bunga Es Kulkas yang Aman dan Ampuh, Cukup dengan Satu Alat Saja

Fimela.com, Jakarta Bunga es yang semakin menebal sering terjadi pada kulkas, terutama pada kulkas satu pintu. Hal itu disebabkan karena tidak adanya fitur self defrosting  yang berguna untuk mempercepat proses pencairan es yang terbentuk di dinding dan rak freezer. Jika bunga es pada kulkas tidak pernah dibersihkan, hal itu dapat mengurangi performanya

Tidak hanya sulit dalam proses pembersihan, tumpukan bunga es juga menyempitkan ruang pada rak freezer. Akibatnya, ketika bunga es sudah menumpuk, kapasitas untuk menyimpan bahan makanan dalam jumlah besar menjadi terbatas. Banyak orang yang membersihkan bunga es dengan cara mencabut aliran listrik dan mendiamkannya semalaman. 

Namun, nyatanya hal ini kurang efektif karena selain memakan waktu yang lama, bunga es yang cair dapat membuat lantai banjir dan kotor. Berikut tips mencairkan bunga es hanya dengan satu alat yang, cepat dan aman, dirangkum Rabu (28/02/2024) 

Tingkatkan Suhu Kulkas ke Suhu Maksimum

Langkah pertama, kamu tidak perlu mematikan sambungan listrik kulkas sepenuhnya. Cukup tingkatkan suhu kulkas menjadi yang tertinggi, kemudian ambil semua barang dari kulkas terlebih dahulu.

Tempatkan Kipas Angin Tepat di Depan Freezer

Kemudian, tempatkan kipas angin tepat di depan rak freezer. Yap, kipas inilah yang menjadi perangkat utama untuk teknik mencairkan bunga es ini.

Cabut Bunga Es yang Mulai Menipis

Ketika diangin-angkinkan dengan kipas angin, bunga es akan segera mencair dan jatuh ke dasar rak di dalam lemari pembeku. Setiap 2 hingga 10 menit, rak tersebut harus dikeluarkan untuk membuang air yang terkumpul. Ketika bunga es mulai menipis, kamu dapat langsung mencabutnya satu per satu.

Bersihkan Kulkas yang Sudah Bersih dari Bunga Es

Saat semua bunga es telah bersih, lap bagian dalam lemari es menggunakan kain bersih hingga tidak ada tetesan air yang tersisa. Setelah mengering, kurangi suhu kulkas dan masukkan kembali semua makanan dan minuman ke dalamnya. Kulkas kembali bersih seperti semula!

Bagaimana? Mudah bukan? Hanya dengan 1 alat kamu sudah bisa mencairkan tumpukan bunga es yang tebal di kulkasmu. Tidak perlu menunggu semalaman, hanya dengan 1 jam kulkasmu sudah bersih dan bisa digunakan seperti semula.

Cara Mencegah Bunga Es agar Tidak Menumpuk

Untuk mencegah penumpukan bunga es, disarankan untuk menghindari membuka pintu freezer terlalu lama dan memeriksa apakah pintu telah tertutup rapat saat ditutup.

Selain itu, pastikan makanan telah dingin sebelum dimasukkan ke dalam freezer dan sesuaikan suhu freezer secara tepat. Rutin bersihkan bunga es setidaknya 1 bulan sekali untuk mengurangi penumpukan yang berlebih.

Mengapa Sering Terjadi Peumpukan Bunga Es pad Kulkas 1 Pintu?

Keadaan di mana bunga es menumpuk sering terjadi pada kulkas satu pintu karena umumnya kulkas semacam itu tidak dilengkapi dengan fitur self-defrosting. Self-defrosting adalah suatu perangkat yang berguna untuk mempercepat proses pencairan bunga es yang terbentuk di dinding serta rak freezer.

Apakah Boleh Membersihkan Bunga Es dengan Air Panas?

Menurut Appliance Analysts, membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas bisa dilakukan dengan menggunakan air hangat karena air hangat bisa membantu melelehkan bunga es. Sebelum melakukannya, penting untuk mengambil semua makanan atau minuman yang ada di dalam freezer.

Kenapa Freezer Kulkas Beku Sebelah?

Pengaturan suhu yang tidak sesuai merupakan faktor umum yang sering menyebabkan freezer mengalami pembekuan sebagian. Apabila suhu di dalam freezer terlalu rendah, misalnya di bawah 0 derajat Fahrenheit (-18 derajat Celsius), area tertentu dapat mengalami pendinginan berlebihan yang menyebabkan pembekuan.

Apakah Bunga Es Pada Kulkas Merugikan atau Menguntungkan?

Salah satu dampak buruk bunga es adalah menyusutnya ruang penyimpanan freezer akibat lapisan es yang bertambah tebal akan mengambil tempat di freezer secara signifikan. Ini dapat menimbulkan risiko kesehatan, terutama bagi anak-anak, baik yang sengaja maupun tidak sengaja mengonsumsinya.

Apakah Bunga Es Freezer Boleh Dimakan?

Kesehatan tubuh bisa terancam oleh bunga es yang disimpan di dalam freezer. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan bakteri yang dapat menempel pada bunga es karena fluktuasi suhu di dalam freezer serta paparan udara kotor akibat seringnya pintu freezer dibuka dan ditutup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading