Sukses

Info

Dewan Masjid Indonesia dan Unilever Indonesia Gelar Puncak Pelaksanaan Gerakan Masjid Bersih 2024 di Masjid Akbar Kemayoran

Fimela.com, Jakarta Program ”Gerakan Masjid Bersih 2024" sebagai bentuk kolaborasi berkelanjutan antara Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Unilever Indonesia melalui lima brand-nya yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso dan Molto hari ini menggelar kegiatan bersih-bersih di salah satu masjid ikonik di Jakarta, Masjid Akbar Kemayoran.

Rangkaian program telah terselenggara sejak Januari lalu melalui pendistribusian 50.000 paket kebersihan bagi masjid di seluruh wilayah nusantara. Selain itu, dilakukan pula kunjungan langsung ke sejumlah masjid raya untuk bergotong-royong membersihkan masjid, ditutup dengan Jakarta sebagai kota pelaksanaan terakhir. Melibatkan 350 relawan, acara hari ini turut dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat DMI, jajaran pengurus DMI Pusat maupun Wilayah DKI Jakarta, pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Akbar Kemayoran, jajaran Direksi Unilever Indonesia, serta sederetan tokoh masyarakat lainnya.

 

Gerakan Masjid Bersih

Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan hasil kolaborasi antara DMI dan Unilever Indonesia untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia, khususnya pada bulan Ramadan. Hingga kini, program ini telah didukung oleh lebih dari 150.000 relawan, dan memberi manfaat kepada 220.000 masjid di berbagai penjuru Tanah Air.

Terkait kerja sama ini, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum Pengurus Pusat DMI menyatakan, “Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih bahwa menjelang Ramadhan, kita meningkatkan lagi ‘Gerakan Masjid Bersih’. Di bulan Ramadan, semua orang akan bersujud di masjid. Jika masjid, toilet, tempat wudhu, atau atribut ibadahnya tidak bersih, bisa menimbulkan berbagai masalah.

Maka ‘Gerakan Masjid Bersih’ sebagai bentuk kerja sama dengan Unilever sejak 7 tahun lalu ingin menggerakkan masyarakat kepada kebersihan. Ini hanya contoh, tapi 800.000 masjid yang ada di Indonesia harus ikut menjalankan upaya ini secara bersama-sama. Jadi, gerakan dan kebersamaannya lah yang penting diutamakan. Sekali lagi terima kasih atas kerja sama semua pihak, khususnya dengan Unilever yang selalu menjadi bagian dari upaya baik ini.”

Selaku tuan rumah, Drs. H. Mahsruh Hadie SH MSi, Ketua DKM Masjid Akbar Kemayoran turut menyampaikan apresiasinya, “Pihak DKM Masjid Akbar Kemayoran sangat berterima kasih atas dipilihnya masjid ini sebagai salah satu tempat pelaksanaan ‘Gerakan Masjid Bersih’. Merupakan sebuah fakta bahwa mensucikan dan merawat masjid adalah sebagian dari bentuk keimanan umat muslim. Insya Allah niat baik semua pihak mulai dari Unilever, Pemerintah hingga masyarakat akan menjadikan Masjid Akbar Kemayoran lebih berkembang lagi dari segi kebersihannya. Mari kita bersama-sama jaga kebersihan masjid.”

 

Manfaat Gerakan Masjid Bersih

Kegiatan bersih-bersih ini juga menjadi semakin penting karena menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim penghujan akan terus berlangsung hingga April 2024 atau hingga melewati Idul Fitri. Di balik fakta ini, ada banyak risiko penyakit yang umumnya timbul selama musim penghujan, tidak terkecuali di fasilitas-fasilitas umum seperti masjid.

Narila Mutia Nasir, M.K.M., Ph.D., Pakar Kesehatan Masyarakat menerangkan, “Beberapa jenis penyakit yang harus diwaspadai ketika musim hujan antara lain influenza, ISPA, leptospirosis, diare, demam berdarah, demam tifoid hingga penyakit kulit. Penyakit ‘langganan’ ini kerap muncul akibat kelembapan udara yang meningkat; agen pembawa penyakit yang lebih mudah menyebar di musim hujan; atau berbagai jenis bakteri atau mikroorganisme yang terbawa oleh genangan air. Risiko makin tinggi terjadi di area publik padat pengunjung, termasuk masjid.

Misalnya leptospirosis, penyakit akibat bakteri Leptospira sp. yang biasanya ada di urine tikus ini sangat mungkin terbawa ke dalam masjid dari genangan air maupun banjir di sekitarnya, dan akhirnya mengendap di lantai masjid. Pembersihan rutin menggunakan cairan pembersih lantai dengan kandungan disinfektan yang ampuh membunuh bakteri menjadi langkah jitu untuk mencegah dan menurunkan risiko terkena penyakit ini.”

Anggya Kumala, Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia menjelaskan, “Di tengah risiko penyakit yang ada, program ‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ telah mempersiapkan masjid yang lebih bersih dan higienis menyambut bulan Ramadan, salah satunya lewat pendistribusian paket produk kebersihan ke 50.000 masjid yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatannya pun kami mulai lebih awal.

 

Sudah Dimulai Sejak Januari

Sejak Januari kami telah menggelar kegiatan bersih-bersih secara langsung di masjid raya di empat kota, yaitu: Masjid Raya Sumatera Barat – Padang, Masjid Raya Sabilal Muhtadin – Banjarmasin, Masjid Raya Al Jabbar – Bandung, dan Masjid Raya Baiturrahman – Banda Aceh. Keempat masjid raya tersebut memiliki keunikan tersendiri, menjadikannya sebagai masjid ikonik yang dicintai masyarakat sehingga selalu dipadati oleh jamaah. Diharapkan upaya kami ini dapat menginspirasi lebih banyak masyarakat untuk menjaga kebersihan masjid dan kebiasaan baik juga diterapkan di rumah masing-masing.”

Di tiap kota, “Gerakan Masjid Bersih 2024” mendapatkan dukungan penuh dari Pengurus Pusat DMI, Pengurus DMI Wilayah, para Imam Besar Masjid dan Pengurus Harian Masjid, hingga pihak Pemerintah. Mereka mengapresiasi komitmen berkelanjutan Unilever Indonesia – bahkan di masa sulit seperti pandemi COVID-19 sekalipun – untuk senantiasa memuliakan masjid sambil menginspirasi masyarakat agar lebih peduli akan kebersihan masjid. Selain itu, selama kegiatan berlangsung, hampir 1.000 relawan yang terdiri dari pengurus DMI, pengurus masjid, para ibu Majlis Taklim, hingga komunitas setempat telah terlibat untuk bergotong royong membersihkan berbagai area dan fasilitas masjid.

“Tidak hanya membersihkan masjid, dengan dukungan lima brand kami yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso, dan Molto, kami juga mengedukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan perangkat sholat, alat masak dan makan, serta lingkungan sekitar masjid secara lebih luas,” sambung Anggya.

Menutup program “Gerakan Masjid Bersih 2024”, Jakarta menjadi pemberhentian terakhir dengan kegiatan pembersihan di Masjid Akbar Kemayoran. Masjid ini dipilih karena memiliki berbagai keistimewaan, seperti bangunannya yang mengusung perpaduan arsitektur Timur Tengah dan Demak – Jawa Tengah sebagai dua pusat kebudayaan Islam yang mendunia. Tak heran, masjid ini juga menjadi salah satu obyek wisata religi yang dipadati wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama selama Ramadan sehingga kebersihannya harus senantiasa dipelihara.

Adapun kegiatan pembersihan yang dilakukan meliputi lantai ruangan, selasar, toilet dan ruang wudhu masjid agar terbebas dari bakteri dan virus; pencucian perangkat sholat; hingga peralatan masak dan makan agar aman dipergunakan oleh pengurus masjid ataupun jamaah.

 

Membuka Kesempatan bagi Masyarakat Umum

Irfan Hakim, sosok selebritas yang ikut serta dalam kegiatan hari ini berbagi, “Masjid adalah tempat dimana saya dan keluarga akan menghabiskan banyak waktu di bulan Ramadan. Tentunya saya ingin memastikan bahwa tempat kami berkumpul nanti bersih dan terbebas dari penyakit sehingga kami dapat beribadah maupun bersilaturrahmi dengan tenang. Senang sekali hari ini saya berkesempatan untuk ikut mengupayakan kebersihan masjid di program ‘Gerakan Masjid Bersih’, apalagi semangat yang ditunjukkan oleh teman-teman relawan sungguh luar biasa. Insya Allah kegiatan hari ini bisa menjadi bentuk ibadah, terlebih karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Kegiatan hari ini juga menginspirasi saya untuk lebih memperhatikan kebersihan di rumah, sehingga anak-anak lebih terlindungi kesehatannya.”

Tidak berhenti di sini, “Gerakan Masjid Bersih 2024” untuk pertama kalinya membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk menominasikan masjid kebanggaan mereka agar dapat turut mendapatkan manfaat dari program ini. Dari tanggal 17 Februari – 31 Maret 2024, masyarakat dapat menghubungi nomor WhatsApp +628561581158 untuk mengirimkan foto dan cerita menarik tentang masjid mereka. Nantinya, 1.000 masjid terpilih dari berbagai wilayah Indonesia akan menerima manfaat positif dari program ini berupa paket kebersihan yang dapat meningkatkan kenyamanan jamaah dan kehigienisan masjid.

“Unilever Indonesia dan kelima brand-nya sangat bersyukur akan dukungan tulus yang diberikan oleh semua pihak, serta berharap bahwa kolaborasi ini akan terus membawa kebaikan, keberkahan, dan kemaslahatan bagi masjid maupun umat Islam di Indonesia,” tutup Anggya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading