Sukses

Info

Cara Ampuh Bersihkan Kaca Helm Buram, Butuh 1 Bahan Dapur Saja

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang berkendara, kaca helm yang buram bisa sangat mengganggu perjalanan karena dapat menghalangi pandangan, bahkan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kaca helm yang buram dengan benar agar kembali jernih.

Namun, banyak orang masih bingung tentang cara mengatasi masalah ini. Sebenarnya, cukup dengan menggunakan sabun pencuci piring, kaca helm yang buram dengan noda membandel dapat dibersihkan. Bagaimana caranya? Langkah-langkahnya akan dijelaskan, dirangkum pada Kamis (2/5/2024).

1. Lepaskan Kaca Helm

Sebelum memulai mencuci, sebaiknya dilepaskan dulu kaca helm dari kerangkanya. Langkahnya adalah dengan memutar sekrup pada kedua sisi helm sampai terasa longgar, kemudian tarik kaca dengan hati-hati hingga terlepas.

2. Rendam Kaca Helm

Langkah berikutnya adalah merendam kaca helm dengan menggunakan air bersih terlebih dahulu. Biarkan kaca terendam dalam air selama beberapa menit. Tujuannya adalah untuk melunakkan kotoran yang sulit dihilangkan dari permukaan kaca, sehingga memudahkan proses pencucian.

3. Gunakan Sabun Cuci Piring

Ketika masuk ke langkah pencucian, balurkan sabun pencuci piring secara merata di atas semua bagian kaca. Sesudah itu, seperti saat mencuci piring, gosoklah permukaan kaca helm dengan lembut menggunakan spon atau kain, untuk menghindari munculnya goresan pada kaca.

4. Lap Kaca dengan Kanebo atau Tisu

Setelah dicuci, gunakan tisu atau kanebo kering untuk mengelap permukaan kaca helm yang masih basah. Tindakan ini membantu mencegah terbentuknya noda bekas air yang kering di kaca.

5. Gunakan Cairan Pembersih Kaca

Agar kaca helm tampak lebih jeernih, dapat dicoba mengaplikasikan pembersih kaca. Semprotkan pembersih kaca terlebih dahulu, lalu lap dengan kain. Dengan demikian, kaca helm akan kembali bersih dan jernih.

6. Cara Buat Pewangi Helm

Dampak dari seringnya kena keringat saat menggunakan helm, biasanya membuat helm menjadi apek dan berbau tidak sedap. Untuk menangani masalah ini, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pewangi helm.

Bahan-bahan:

  • Kulit jeruk atau lemon
  • Kayu manis atau batang vanili
  • Daun mint
  • Air
  • Garam

Langkah Pembuatan:

  1. Semua bahan dimasukkan ke dalam panci.
  2. Selanjutnya, panaskan dengan api kecil hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, kompor dimatikan dan biarkan rebusan itu dingin dengan sendirinya di dalam panci.
  4. Setelah dingin, saring larutan tersebut dan tuangkan ke dalam botol semprot.
  5. Pewangi helm siap digunakan. Semprotkan secukupnya ke helm saat bau tidak sedap mulai tercium.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Membersihkan Kaca Helm

Apakah Odol Bisa Membersihkan Kaca Helm?

Selain untuk menjaga kebersihan gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca helm. Langkahnya mudah, cukup aplikasikan pasta gigi di permukaan dalam helm, kemudian bersihkan dengan kain yang sudah dibasahi sampai bersih.

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Membersihkan Kaca Helm?

Oleskan minyak kayu putih pada helm yang kotor, kemudian lap kacanya dengan tisu hingga bersih. Dengan begitu, kaca helm akan terlihat jernih dan transparan, perubahannya dapat dilihat dengan mata telanjang.

Apakah Sitrun Bisa untuk Membersihkan Kaca?

Bisa menggunakan larutan yang mengandung asam, seperti cairan pembersih porselen, cuka, atau sari lemon, untuk membersihkan kaca.

Apa Penyebab Kaca Buram?

Kabut atau embun yang menumpuk di atas kaca mobil bisa menyebabkan kaca jadi keruh. Setelah uap air menguap, residu mineral yang sulit dihilangkan dapat tersisa. Perawatan kaca mobil menjadi semakin penting, terutama di daerah dengan kadar mineral tinggi dalam air.

Apakah Bayclin Bisa Membersihkan Kaca?

Bayclin, cairan pemutih yang umumnya digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian, ternyata dapat berfungsi sebagai agen pembersih jamur pada kaca mobil. Proses dimulai dengan merendam kain lembut ke dalam cairan pemutih sebelum digunakan untuk membersihkan kaca mobil secara merata.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading