Sukses

Lifestyle

Di Manakah Letak Negara Federasi Mikronesia?

Bintang.com, Jakarta Mikronesia tiba-tiba saja menjadi perbincangan masyarakat dunia maya. “Baru tahu ada negara federasi mikronesia… hehehe,” tulis akun Twitter @ASaubil, Alam Saubil. Tidak hanya alam, banyak netizen yang juga menulis kalimat serupa. Kamu juga belum tahu soal negara Federasi Mikronesia?

Jadi, pembahasan soal negara Federasi Mikronesia boleh dibilang bermula ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima tamu istimewa. Dilansir dari Liputan6.com, Kamis (19/7/2018), Jokowi menyambut kedatangan Presiden Federasi Serikat Mikronesia H.E Peter M. Christian di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Lagu kebangsaan Federasi Serikat Mikronesia dan lagu kebangsaan Indonesia Raya pun sempat terdengar saat upacara penyambutan. Jadi, Federasi Mikronesia benar-benar negara? Ya, mungkin masih agak terdengar asing, tapi Federasi Mikronesia adalah sebuah negara yang terletak di Samudera Pasifik, tepatnya di sebelah utara Pulau Papua.

Federasi Mikronesia sendiri merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 607 pulau. Sementara pulau utamanya, yakni Yap, Chuuk, Pohnpei, dan Kosrae. Berpenduduk sekitar 100 ribu orang, Mikronesia sendiri memiliki luas 158,1 kilometer persegi.

Laman Wikipedia menulis Federasi Mikronesia dulu merupakan bagian dari Trust Territory of the Pacific Islands (TTPI), wilayah administrasi PBB di bawah Amerika Saerikat, kemudian membentuk pemerintahan konstitusi sendiri tanggal 10 Mei 1979 yang kemudian menjadi negara berdaulat tanggal 3 November 1986. Tiga negara bekas anggota TTPI lainnya, membentuk pemerintahan sendiri dan menjadi Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau. Federasi Mikronesia mempunyai kursi di PBB.

Lokasi Syuting Legend of The Blue Sea

Kalau kamu masih asing dengan negara Federasi Mikronesia, maka pasti kamu tahu soal drama Korea berjudul Legend of the Blue Sea. Lalu apa hubungannya? Drama yang diperankan oleh Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun tersebut beberapa lokasi syutingnya diambil di Federasi Mikronesia lho, tepatnya di pulau Palau.

Nah, buat kamu yang hobi ke pulau, menikmati pantai dengan pasir yang sangat indah, maka bisa langsung searching mengenai pulau Palau, bisa jadi destinasi selanjutnya nih. Pulau Palau merupakan salah satu pulau yang tercantik di Federasi Mikronesia. Terumbu karangnya sangat bagus dan jumlah spesies ikannya pun sangat banyak.

Loading