Sukses

Lifestyle

Tips Melelehkan Cokelat Yang Baik

Anda penggemar cokelat? Atau mungkin sedang mencoba resep baru cake yang mengharuskan Anda melelehkan cokelat untuk bahan di dalamnya? Seringkali kegiatan melelehkan cokelat ini tidak bisa dianggap sepele. Bagaimana pun, banyak yang tidak berhasil dan malah mengacaukan bahan cokelat mereka yang mahal dan malah tidka sesuai harapan.

Nah, berdasarkan cookinglight.com, salah satu faktor yang membuat Anda gagal melelehkan cokelat karena Anda terlalu tinggi menyalakan api sehingga panci untuk melelehkan cokelat terlalu panas. Hal ini akan menyebabkan hasil lelehan cokelat tidak baik. Bukannya mendapatkan cokelat cair yang halus, lembut dengan konsistensi kental yang ringan, Anda malah mendapatkan lelehan cokelat yang kasar, sulit diangkat dan bahkan hangus.

Cara terbaik untuk mencairkan atau melelehkan cokelat adalah dengan melakukannya perlahan. Taruh cokelat di dalam wadah cekung (mangkuk) aluminium atau wadah penghantar panas yang baik. Nyalakan api kecil, dan aduk perlahan. Angkat wadah sebelum wadah menjadi benar-benar panas. Jangan tunggu lama, sebelum cokelat leleh sepenuhnya, angkat wadah dan aduk hingga halus sambil menunggu sisa panas menguap dari wadah.

Jika menggunakan microwave, lakukan dengan hati-hati dan keluarkan cokelat 20-30 detik sekali untuk mengaduk dan mengecek tekstur cokelat. Jika menggunakan air panas, letakkan panci berisi air di atas kompor, dan tunggu hingga air di dalam panci menghangat. Masukkan wadah cokelat di atas air hangat dan lelehkan perlahan.

Nah, coba praktekkan di rumah ya Ladies. Memang tidak boleh terburu-buru dan menggunakan suhu panas saat melelehkan cokelat. Jika tidak ingin membuang cokelat kesayangan Anda sia-sia

(vem/feb)
;
Loading