Sukses

Lifestyle

Sejarah Pasta Lasagna, Kuliner yang Super Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Buat yang suka masakan Italia, tentunya sudah tidak asing dengan Pasta Lasagna bukan? Melansir dari laman viaverdimiami.com, Pasta Lasagna merupakan masakan yang khas dengan negara Italia. Lasagna adalah pasta yang berisi daging cincang dan bahan-bahan lain seperti sayur, ikan serta keju kemudian dipanggang hingga benar-benar matang.

Mengenai Pasta Lasagna, ada yang menarik darinya. Ada berbagai versi pendapat yang menceritakan bagaimana asal-usul terciptanya atau sejarah kemunculan makanan yang dinamai Lasagna ini.

Pendapat pertama menyebutkan bahwa Lasagna bukan berasal dari Italia melainkan dari Yunani Kuno. Dalam bahasa Yunani, Lasagna artinya roti rata dengan lapisan tipis dan tidak beragi. Lasagna disebut-sebut berasal dari kata Lasana atau Lasanon (bahasa Yunani).

Sedangkan pendapat kedua menyebutkan jika Lasagna berasal dari kata Lasanum yang dalam bahasa latinnya berarti panci. Kata lasanum ini merujuk pada tempat pembuatan Lasagna. Warga Roma mengklaim bahwa kemungkinan besar Lasagna berasal dari sana.

Untuk pendapat ketiga menyebutkan jika Lasagna adalah hidangan tradisional yang telah dikembangkan dalam buku resep berbahasa Inggris pada abad ke 14 di masa pemerintahan Richard II dengan nama Losyen. Dari penemuan buku ini, Lasagna bisa jadi juga berasal dari Inggris.

Meski ada banyak pendapat tentang sejarah Lasagna, sejauh ini Lasagna terkenal sebagai makanan yang khas dengan negara Italia. Lasagna bisa saja sebagai makanan yang terus disempurnakan dari makanan tradisional Yunani Kuno menjadi masakan tradisional khas Roma yang juga kemudian menjadi resep masakan khas Inggris dan disempurnakan lagi di Italia baik dari segi bahan utamanya, bumbunya juga teknik memasaknya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading