Sukses

Lifestyle

Ini Fungsi Bunga Lawang dalam Masakan

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali rempah-remaph yang menjadi bumbu masakan dan memiliki kekhasan yang tak bisa diabaikan dan dihilangkan dalam setiap resep masakan, salah satunya adalah bunga lawang.

Beberapa orang mungkin tidak mengenal bunga lawang seperti umumnya mengenal kayu manis atau merica. Namun bunga lawang memiliki ciri khas mencolok yang sangat mudah dikenali dan dibedakan dengan rempah lainnya, yaitu bentuknya yang indah bagai bunga. 

Dilansir dari Wikipedia, bunga lawang berfungsi sebagai penyedap rasa pada makanan. Fungsinya mirip dengan kayu manis atau cengkeh, yaitu memberikan aroma harum dan sedap pada makanan.

Meski begitu, aroma harumnya berbeda antara cengkeh dan bunga lawang. Kayu manis punya kesan harum yang segar, sedangkan bunga lawang memberikan aroma wangi yang manis. Bunga lawang juga sebenarnya bukan bunga, namun buah yang dihasilkan pohon kecil.

Bunga lawang atau disebut juga dengan pekak ini lebih sering digunakan dalam makanan Asia seperti misalnya kari, gulai Aceh, Rendang, ngo hiong (makanan Tiongkok), dan berbagai masakan lainnya yang membutuhkan banyak bumbu dengan rasa kuat.

Jadi, ternyata itu dia fungsi bunga lawang dalam masakan. Kini sudah bertambah satu pengetahuan tentang rempah dapur.

;
Loading