Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Rumah dengan Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Bahan-bahan alami, seperti cuka dan lemon tidak hanya berfungsi untuk memasak, namun juga memiliki manfaat untuk membersihkan rumah, sudah pernah coba? Cuka, lemon, soda kue, dan beberapa bahan alami lainnya sangat baik untuk membersihkan, mendisinfeksi, serta menghilangkan noda, seperti dilansir dari thespruce.com, Kamis (28/2/2019).

1. Menggunakan cuka

Cuka bisa membersihkan dan menghilangkan bau, memiliki fungsi hampir seperti pembersih serba guna. Tipsnya adalah dengan mencampur air dan cuka dengan bagian yang sama ke dalam botol semprot.

Namun, cuka dapat menghitamkan atau merusak beberapa permukaan benda, sehingga kamu perlu menguji terlebih dahulu penggunaan cuka pada area yang tersembunyi di dalam rumah untuk memastikan tidak ada perubahan warna atau kerusakan yang terjadi. Cuka yang tidak diencerkan bersifat asam, dapat merusak nat ubin dan sebaiknya tidak digunakan pada permukaan marmer.

- Kamar mandi

Bersihkan bak kamar mandi, toilet, wastafel, dan meja dengan larutan cuka serta air. Kamu juga bisa mengepel lantai di kamar mandi dengan larutan ini.

- Dapur

Bersihkan bagian atas kompor, peralatan dapur, dan permukaan meja dengan larutan cuka dan air. Larutan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai di dapurmu.

- Ruang cuci

Gunakan cuka sebagai pelembut alami kain, membantu bagi kamu yang memiliki masalah kulit sensitif. Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan pakaian di tempat pelembut. Selain dapat membersihkan lantai di rumah, cuka juga memiliki manfaat untuk menghancurkan deterjen dengan lebih efektif, membantu membersihkan mesin cucimu.

 

 

Lemon dan soda kue

2. Menggunakan lemon

Lemon mengandung zat alami yang dapat digunakan untuk membersihkan rumahmu. Perasan lemon dapat digunakan untuk melarutkan sabun dan endapan air keras, sangat baik untuk kuningan dan tembaga.

- Campurkan perasan lemon dengan cuka atau soda kue untuk membuat pasta.- Potong buah lemon menjadi dua bagian dan taburkan soda kue pada potongan lemon, gunakan untuk menggosok piring atau permukaan yang terkena noda.- Campurkan 1 cangkir minyak zaitun dengan setengah cairan perasan lemon sebagai semir furnitur kayu keras di rumahmu.

3. Menggunakan soda kue

Soda kue adalah jenis pembersih yang paling serbaguna. Soda kue dapat digunakan untuk menggosok permukaan dengan cara yang sama seperti pembersih non abrasif.

Soda kue juga dapat digunakan sebagai pewangi, kamu hanya perlu menempatkannya di sebuah kotak di dalam lemari es atau freezer untuk menyerap bau. Letakkan soda kue di manapun kamu membutuhkan penghilang bau.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput