Sukses

Lifestyle

Pengganti Bahan Masak Beralkohol Untuk Makanan Halal dan Super Lezat

Fimela.com, Jakarta Untuk yang beragama Islam, makanan dan minuman yang mengandung alkohol jelas diharamkan. Karena itulah kadang agak susah mengikuti resep luar negeri yang menggunakan beberapa bahan yang mengandung alkohol. Nah, ada beberapa bahan halal yang bisa menjadi substitusi bahan-bahan beralkohol ini lho. Apa saja sih? Intip di sini yuk.

Ganti Rum dengan Sari Apel

Rum biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat kue atau minuman-minuman manis. Nah, rum bisa diganti dengan sari apel yang ditambah dengan esktrak kacang almond. Rasa manis-asam sari apel ini hampir mirip dengan rum. Sari apel juga bisa menajamkan aroma masakan.

Wine Merah dengan Sari Anggur

Red wine biasanya digunakan untuk mengempukkan daging dan juga untuk marinasi. Red wine berasal dari fermentasi buah anggur. Karena itu Sahabat Fimela bisa menggantinya dengan menambahkan sari anggur segar dan kaldu. Memang aromanya tak setajam red wine, tapi campuran kedua bahan ini akan menjadi substitusi yang pas.

Angciu dengan Kecap Asin dan Jeruk Nipis

Beberapa masakan khas Cina menggunakan angciu sebagai salah satu bumbunya. Angciu bermanfaat untuk menghilangkan bau amis dan menambah cita rasa masakan. Bahan yang satu ini bisa diganti dengan kecap aisn, jahe, dan air jeruk nipis.

Mirin dengan Jeruk Nipis dan Gula

Mirin sendiri adalah bumbu masakan Jepang yang mengandung alkohol lumayan tinggi. Mirin biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging. Campuran jeruk nipis dan gula bisa digunakan untuk pengganti mirin.

Nah, semoga informasi ini memberikan pengetahuan untukmu ya Sahabat Fimela. Happy cooking dan tak perlu galau karena tak bisa mencoba resep yang mengandung bahan beralkohol karena pasti akan ada jalan keluarnya.

;
Loading