Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjaga Pernikahan agar Langgeng Meski Kadang Bertengkar

Fimela.com, Jakarta Memiliki pernikahan yang harmonis dan langgeng adalah impian banyak orang. Tapi memang tak bisa dipungkiri bahwa pertengkaran dan perbedaan pendapat kadang tak bisa dihindari. Meski begitu, selalu ada cara untuk menjaga pernikahan agar langgeng meski kadang bertengkar.

Setiap hubungan atau setiap pernikahan selalu punya keunikan dan keistimewaannya sendiri. Masing-masing pasangan pun memiliki cara sendiri untuk menghadapi masalahnya. Beberapa cara berikut ini pun bisa dicoba bila ingin memiliki pernikahan yang langgeng.

1. Membiasakan Empati

Dilansir dari lifehack.org, salah satu masalah yang sering muncul dalam hubungan adalah kebanyakan orang hanya melihat sudut pandangnya sendiri. Pasangan bisa jadi memiliki perbedaan pendapat. Tapi bukan berarti perbedaan yang ada akan menghancurkan hubungan. Untuk mengatasinya, penting untuk saling memahami satu sama lain. Belajar empati dan saling menerima sudut pandang masing-masing.

2. Jadwalkan Kencan

Setelah menikah tetap penting memiliki waktu berduaan. Cobalah untuk menjadwalkan kencan rutin yang romantis. Ingat kembali masa-masa awal dan alasan dulu bisa saling jatuh cinta. Jaga cinta dan rawat selalu dengan memiliki quality time bersama.

3. Pahami Keunikan Pribadi Masing-Masing

Kita dan pasangan pasti punya keunikan sendiri. Sedari awal buat komitmen untuk bisa saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan pastilah ada. Tapi perbedaan bukanlah penghalang atau hambatan untuk bisa terus bersama. Jadikan hubungan pernikahan terasa istimewa karena kepribadian kita dan pasangan yang utuh dengan keunikannya sendiri.

4. Imbangi Kebersamaan dengan Kebebasan

Adakalanya kita dan pasangan butuh ruang sendiri. Entah untuk menekuni hobi atau sekadar melakukan sesuatu sendiri untuk mengoptimalkan me-time. Menyeimbangkan kebersamaan dengan kebebasan untuk bisa menikmati waktu sendiri juga perlu dilakukan agar kenyamanan bisa tetap terjaga.

5. Jangan Terlalu Cuek Satu Sama Lain

Sirami cinta dengan berbagai hal baru dan menyenangkan setiap harinya. Bangun kebiasaan atau rutinitas yang bisa dilakukan berdua setiap saatnya. Jangan hanya fokus pada diri sendiri, tapi juga fokus pada kebutuhan pasangan. Tetaplah peduli satu sama lain. Kalau ada masalah, komunikasikan dengan jujur dan terbuka. Setiap hubungan atau pernikahan akan selalu membutuhkan kemampuan untuk saling mengerti dan memahami.

Resep bahagia pernikahan yang langgeng bisa berbeda pada setiap pasangan. Ya, semoga pernikahan yang kita jalani saat ini bisa selalu harmonis dan langgeng hingga akhir hayat.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip
Artikel Selanjutnya
Pilihan Hotel Kapsul yang Nyaman dengan Harga Terjangkau di Jakarta