Sukses

Lifestyle

5 Kelebihan Orang dengan Kepribadian Introvert!

Fimela.com, Jakarta Ada dua tipe kepribadian yang bisa dibedakan, ekstrovert dan introvert. Tak ada yang lebih baik atau pun lebih buruk. Namun jika menilai kelebihan dari setiap tipe kepribadian, bisa banget. Pemilik kepribadian introvert meski tampak tenang dan pendiam, ternyata punya banyak kelebihan seperti berikut ini.

1. Penyelesai masalah yang unggul

Introvert unggul dalam hal menyelesaikan masalah atau menemukan solusi yang tepat untuk berbagai masalah. Karena pada dasarnya ia adalah pemikir dan suka menganalisis. Peneliti sekaligus penulis Introvert Power, Laurie Helgo, menemukan bahwa otak orang introvert bekerja dengan cepat dan baik dalam hal mengambil data, menganalisis, menemukan titik masalah dan menemukan solusinya.

Menguak Kelebihan Pribadi Introvert

2. Perencana yang baik

Jangan ragukan kebiasaan introvert yang selalu prepare ke mana pun. Ia perencana yang baik, dan memastikan masa depannya tidak merepotkan dirinya sendiri. Ia berpikiran jangka panjang dan seringkali menjadi yang paling lama mengambil keputusan karena faktor ini. Ia melihat dari banyak sisi sebelum bertindak.

3. Penulis berbakat

Ini adalah kelebihan yang jarang dimiliki ekstrovert, menjadi pengarang dan penulis yang baik, karena mereka mengandalkan kemampuan verbal. Sebaliknya dengan introvert yang menggunakan otaknya lebih banyak dibandingkan aktivitas yang menguras tenaganya. Introvert fokus pada pemikiran yang mendalam, bisa menuliskan ide dalam otaknya dengan baik.

4. Pendengar yang baik

Daripada mendominasi percakapan, ia lebih sering di sisi pendengar. Introvert jadi pendengar yang baik dari cerita teman-temannya, dan karena kelebihan inilah ia sering jadi tempat curhat banyak temannya. Bahkan penelitian dari Harvard Business School menemukan bahwa ia bisa jadi pemimpin yang lebih baik karena mau mendengarkan pendapat orang lain.

Kelebihan Kepribadian Introvert

5. Pikiran kreatif dan out of the box

Introvert memiliki dunianya sendiri dan memiliki jiwa kreatif yang alami tumbuh dari dalam diri. Meski tidak pintar mengekspresikan diri, namun pikirannya selalu out of the box, ia punya banyak ide menarik yang inovatif. Penelitian yang dilakukan psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist bahkan menemukan bahwa mayoritas orang kreatif adalah introvert.

Jadi, beruntungnya dirimu jika menjadi sosok introvert, karena ada banyak kelebihan dari dirimu yang patut dibanggakan, sahabat Fimela.

;
Loading