Sukses

Lifestyle

Menghilangkan Bau Langu Kecipir dan Tips Mengolahnya

Fimela.com, Jakarta Pernah melihat sayur kecipir di pasar? Atau baru pertama kali mau mencoba memasak kecipir? Dalam bahasa Inggris sayuran ini disebut winged beans karena memang ukurannya panjang dan memiliki "sayap". Termasuk dalam jenis polong-polongan, kecipir ini memiliki rasa yang agak manis dan tekstur yang cukup renyah.

Salah satu permasalahan yang kerap muncul saat mengolah sayur kecipir adalah baunya yang langu. Tapi sebenarnya cukup mudah kok menghilangkan bau langu kecipir ini. Selengkapnya yuk simak beberapa tips berikut ini, termasuk saran pengolahannya.

Rebus dengan Air yang Ditambah Sedikit Garam

Sangat mudah. Kita bisa merebus kecipir dengan air yang diberi sedikit air garam. Melalui cara ini bau langu kecipir bisa dihilangkan dan teksur renyah kecipir bisa kita dapatkan. Tak perlu direbus terlalu lama, kecipir bisa cukup direbus sekitar 10 menit.

Kecipir Rebus Bisa Dinikmati sebagai Urap atau Pecel

Kecipir yang sudah direbus bisa langsung dinikmati atau diolah jadi sayuran urap atau pecel. Rasa manis kecipir yang dikombinasikan dengan bumbu gurih urap akan jadi perpaduan yang pas. Dinikmati dengan bumbu kacang pecel yang disajikan dengan aneka sayuran lain pun enak.

Kecipir Mentah Bisa Dimakan dengan Sambal

Bila suka, kecipir juga bisa dinikmati sebagai lalapan. Kecipir mentah dapat dinikmati dengan sambal. Pastikan kecipir sudah dicuci bersih, ya. Setelah dipotong-potong sesuai selera, bisa langsung dicocol dengan sambal untuk dinikmati dengan nasi putih.

Kecipir Bisa Ditumis dengan Bumbu Sederhana

Kecipir yang sudah dipotong tipis bisa langsung dijadikan tumisan. Pakai bumbu bawang putih, bawang merah, dan cabai merah, kita sudah bisa membuat kecipir tumis yang enak. Kita juga bisa menambahkan potongan sosis atau bakso daging untuk menambah rasa. Irisan tahu dan tempe pun bisa ditambahkan ke dalam tumisan kecipir.

Tidak terlalu sulit kan mengolah sayuran kecipir ini? Semoga infonya bermanfaat ya dan bisa makin semangat menikmati sayuran untuk konsumsi sehari-hari.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading