Sukses

Lifestyle

4 Langkah Hilang Bau Mulut Saat Berpuasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Nafas tak sedap sering menghantui ketika yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Hal tersebut tentu membuat tidak percaya diri, dalam menjalani aktivitas.

Tentu kita tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Nah, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDA, selaku pakar kesehatan gigi dan mulut pun membagikan trik menghindari bau tak sedap saat berpuasa Ramadan. Apa saja? Yuk intip.

1. Menyikat gigi duka kali sekali

“Sikat gigi sehabis sahur, sebab bakteri akan senang bila ada sisa makanan di mulut kita, alhasil jadi bau mulut,” ujarnya dalam acara “Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019”, di Jakarta.

Setelah taraweh pun jangan lupa untuk sikat gigi. Dan jangan lupa untuk menyikat lidah kita sebab bakteri banyak terdapat di lidah.

“Kandungan pasta gigi yang mengandung sirih dan garam yang dapat merawat gigi dan mulut tetap sehat. Dan jeruk nipis yang dapat membuat mulut tetap segar bisa menjadi pilihan,” tambahnya.

2. Berkumur

Berkumur bisa dilakukan ketika berwudhu, tapi jangan sampai terminum.

3. Hindari minuman dan makan penyebab bau mulut

Kurangi minum yang dapat dehidrasi seperti kafein, mengandung gula yang terlalu manis. Serta perbanyakan makan serat seperti buah-buahan dan sayuran.

“Makan berserat dalat merasang liur. Pokoknya hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin,” tambahnya.

4. Kurma

Kurma mengandung serat, kalsium, dan floride yang bagus untuk kesehatan gigi dan mulut. Minimal makan tiga kurma.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan agar mulut tidak berbau saat berpuasa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading