Sukses

Lifestyle

Tips Sahur yang Benar Agar Tubuh Tak Lemas Saat Seharian Berpuasa

Fimela.com, Jakarta Tak terasa sudah mulai masuk bulan Ramadan. Nah, puasa Ramadan memang wajib dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Puasa kadang jadi alasan untuk bermalas-malasan. Padahal sebenarnya, dengan cara yang benar, puasa malah bikin tubuh sehat lho.

Selama ini tubuh yang lemas jadi alasan mengapa bermalas-malasan saat puasa. Tubuh lemas ini bisa jadi karena cara sahurmu yang salah. Berikut Fimela akan coba hadirkan tips sahur yang benar agar tubuh senantiasa segar meskipun sedang berpuasa. Nggak ada lagi alasan tubuh lemas ya.

Perhatikan makan saat sahur.

  • Yang pertama, makanlah dengan porsi sewajarnya saat sahur. Jangan karena akan puasa, lantas Sahabat Fimela makan tanpa kontrol. Makan berlebihan saat sahur malah membuat tubuh tak berenergi saat puasa. Jadi mudah ngantuk karena banyak makan.
  • Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas saat siang hari. Hindari makanan berlemak dan pedas.
  • Ternyata mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga berpengaruh pada kualitas puasa. Saat sahur, coba makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong dan mudah lapar.
  • Perbanyak air putih saat sahur dan berbuka. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, agar terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.
  • Usahakan jangan tidur setelah salat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur terbuang sia-sia.

Tak ada lagi alasan tubuh lemas selama berpuasa ya. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa menjalankan ibadah dengan lebih maksimal.

Simak Video Ini Juga Yuk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading