Sukses

Lifestyle

Ingin Kue Kering Padat Renyah, Pakai Mentega atau Margarin?

ringkasan

  • Untuk mendapatkan kue kering yang enak gunakan mentega yang berkualitas
  • Pastikan takaran mentega yang pas dan sesuai

Fimela.com, Jakarta Menjelang hari raya, pamor kue kering pasti akan meningkat, dan semua orang pasti ingin merasakan kue kering yang padat dan renyah namun tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Oleh karena itu, bahan utama kue kering harus diperhatikan dengan seksama, termasuk pemilihan mentega ataukah margarin.

Umumnya, pembuatan kue kering adalah tentang komposisi tepung terigu, gula, telur dan lemak. Jenis lemak yang digunakan dalam kue adalah berupa mentega atau margarin. Keduanya adalah tipe lemak yang berbeda.

Mentega adalah bahan yang memberikan rasa gurih, renyah dan harum pada kue. Bahan ini memiliki karakter mudah meleleh sehingga mampu memberikan tekstur lembut saat digigit. Umumnya mentega yang berkualitas dengan harga yang sedikit agak mahal juga memberi hasil kue kering yang lebih enak.

Mentega atau Margarin?

Namun ternyata jika terlalu banyak menggunakan mentega, hasilnya juga tak terlalu enak. Sebaiknya jangan hanya menggunakan mentega sebagai bahan lemak. Jenis lemak lainnya yang punya sifat lebih stabil adalah margarin dan shortening (mentega putih). Jika ingin mendapatkan tekstur kue kering renyah dan lembut, gunakan perbandingan 3:1 antara mentega dan margarin/shortening.

Takarannya pun harus tepat sesuai resep. Banyak pembuat kue kering yang sudah ahli pun pasti tetap membutuhkan timbangan untuk menentukan apakah setiap bahan memiliki takaran yang pas dan tepat. Karena sedikit saja perbedaan bahan, bisa jadi menghasilkan kue yang bantat, keras dan rasa yang tak enak.

Nah, jadi mau pakai mentega atau maragarin untuk kue kering? Jawabannya, bisa digunakan keduanya, namun dengan takaran yang sesuai, Sahabat Fimela.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading