Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Bisa Mencegah Terjadinya Perpisahan dalam Hubungan

ringkasan

  • Mengenang Kembali Masa-Masa Indah
  • Memaafkan Luka Masa Lalu
  • Mengambil Jeda dan Membuat Sedikit Jarak

Fimela.com, Jakarta Perpisahan dalam sebuah hubungan kadang tak terelakkan. Namun, bagi pasangan yang ingin menjaga keutuhan hubungan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya perpisahan. Bila hubungan berada di ujung tanduk dan kita masih ingin mempertahankannya, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan.

Christine Scott-Hudson ahli psikoterapi berlisensi dan pemilik Create Your Life Studio, seperti yang dikutip dari bustle.com, mengungakapkan bahwa banyak hubungan gagal dipertahankan karena pasangan tak merasa didengarkan, diperhatikan, dihargai, atau dicintai. "Setiap hubungan seharusnya menjadi rumah yang aman. Masing-masing pasangan harus merasa bahwa yang mereka ucapkan penting," kata Scott-Hudson. Membangun kembali komunikasi yang sehat adalah langkah awal untuk menyelamatkan hubungan. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya perpisahan dalam hubungan.

1. Mengenang Kembali Masa-Masa Indah

Coba kenang kembali masa-masa awal hubunganmu. Apa yang membuatmu mencintai pasanganmu? Komitmen apa yang dulu pernah dibuat dalam hubunganu? Coba buka lagi foto-foto lama atau video-video yang menyimpan kenangan indah. Mengingat dan mengenang kembali masa-masa indah yang pernah dilalui bersama bisa menciptakan percikan cinta yang baru.

2. Memaafkan Luka Masa Lalu

Bila terus mengungkit luka atau kesalahan yang pernah ada di masa lalu saat bertengkar, hubungan bisa makin sulit untuk dipertahankan. Maafkan yang telah lalu. Mungkin akan butuh proses untuk bisa benar-benar memaafkan. Tapi jika terus menyimpan dendam dan rasa sakit hati, hubungan pun bisa makin renggang.

 

3. Mengambil Jeda dan Membuat Sedikit Jarak

Adakalanya perlu juga untuk mengambil jeda. Membuat sedikit jarak agar kita bisa lebih memaksimalkan usaha membuat pikiran lebih jernih. Melihat kembali sebuah masalah dari sudut pandang berbeda dan menemukan jalan keluar yang paling tepat. Setelah emosi sudah lebih stabil dan dapat berpikir lebih jernih, ketika akhirnya bertemu kembali untuk mengurai masalah yang ada nantinya pun jadi terasa lebih mudah.

4. Ciuman 6 Detik

Dalam pernikahan, menurunnya kontak fisik bisa menyebabkan hubungan terasa makin renggang. Menurut Michelle Terry, LMC dengan Next Chapter Counseling, ada satu cara simpel untuk memerbaikinya. "Hal kecil yang bisa dilakukan pasnagan setiap hari adalah ciuman enam detik," katanya. John Gottman, seorang peneliti hubungan yang terkenal telah membuktikan bahwa butuh waktu enam detik bagi otak kita untuk mengeluarkan endorfin. Melakukan ciuman enam detik setiap harinya bisa membantu memperbaiki hubungan suami istri.

5. Meningkatkan Empati

Menunjukkan empati bisa dimulai dengan menanyakan hari yang baru dilalui oleh pasangan. Coba posisikan diri kita pada posisinya. Beri ia ruang untuk mencurahkan semua isi hati dan perasaannya. Meningkatkan empati dapat menjadi cara ampuh untuk memperbaiki hubungan dan mencegah terjadinya perpisahan.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading