Sukses

Lifestyle

4 Perkara Uang yang Bisa Memicu Pertengkaran Hebat dengan Pasangan

ringkasan

  • Tidak Mengetahui Kebiasaan Belanja Pasangan
  • Merahasiakan Utang
  • Menggunakan Uang Pasangan untuk Hal-Hal di Luar Kesepakatan

Fimela.com, Jakarta Perkara uang bisa jadi masalah sendiri dalam sebuah hubungan. Salah dan keliru dalam mendiskusikan atau membahas persoalan yang berkaitan dengan uang bisa memicu konflik dan pertengkaran. Prinsip duitku, duitmu, dan duit kita pun kadang bisa terasa cukup rumit.

Ada sejumlah hal yang berkenaan dengan uang yang dapat memicu pertengkaran hebat dengan pasangan. Seperti perkara-perkara berikut ini. Mari coba kita pahami agar terhindar dari pertengkaran yang dipicu karena persoalan uang.

1. Tidak Mengetahui Kebiasaan Belanja Pasangan

Banyak pasangan yang bertengkar karena tidak mengetahui kebiasan belanja masing-masing. Bila kita terbiasa hidup super hemat, melihat pasangan yang punya kebiasaan belanja yang boros pastinya akan membuat kita kesal sendiri. Sebaiknya masing-masing dari kita saling terbuka dalam berkomunikasi terkait kebiasaan belanja dan menggunakan uang.

2. Merahasiakan Utang

Sebelum menikah, topik soal keuangan juga perlu dibahas. Khususnya yang terkait dengan utang yang dimiliki. Saat hidup bersama setelah menikah, perkara utang jangan sampai disembunyikan atau dirahasiakan. Hal-hal yang terkait dengan utang perlu dibicarakan sedari awal supaya tidak memicu masalah yang lebih besar ke depannya.

 

3. Menggunakan Uang Pasangan untuk Hal-Hal di Luar Kesepakatan

Diam-diam mencuri uang dari dompet pasangan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan sebaiknya tak dilakukan. Menggunakan uang pasangan tanpa memberitahunya dan menggunakannya untuk hal-hal di luar kesepakatan juga seharusnya dihindari. Karena menyangkut rasa saling percaya dan komitmen yang dibangun bersama, persoalan ini bisa jadi pemicu pertengkaran yang hebat bila tak diatasi dengan kepala dingin.

4. Tidak Membuat Perencanaan Jangka Panjang

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, bila ingin memiliki hidup yang bahagia bersama pasangan untuk waktu yang lama, penting juga membahas soal investasi jangka panjang. Seperti mempersiapkan asuransi pendidikan anak, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga soal membeli rumah. Agar ke depannya bisa hidup dengan lebih nyaman dan sejahtera, perencanaan keuangan perlu dibuat sedini mungkin.

Perkara uang merupakan salah satu topik yang sering memicu pertengkaran besar dalam sebuah hubungan. Komunikasikan dengan baik mengenai hal ini agar hubungan bisa berlangsung lebih harmonis.

 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading