Sukses

Lifestyle

3 Jenis Babat Sapi yang Perlu Diketahui, Agar Lebih Mudah Mengolahnya

Fimela.com, Jakarta Babat merupakan sebutan untuk jeroan sapi tepatnya bagian lambung atau perut. Babat memiliki cita rasa khas yang disukai banyak orang.

Dibandingkan dengan jeroan sapi lainnya, babat memiliki cita rasa khas yang lebih gurih. Teksturnya juga lebih khas sehingga cocok diolah menjadi berbagai masakan lezat. Mengenai babat, ini ada beberapa jenis babat. Beda jenis babat, akan beda pula tekstur dan rasanya.

Apa saja jenis babat? Simak yang berikut ini.

Jenis-jenis Babat

Babat Rumen

Ini merupakan jenis babat pertama. Babat rumen disebut juga sebagai babat handuk. Babat ini teksturnya lembut dan halus seperti handuk. Babat rumen sangat cocok dimasak menjadi masakan berkuah misalnya sop atau soto.

Babat Retikulum

Babat ini merupakan perit sapi kedua bilik kedua. Melansir dari laman sajiansedap.com, babat ini disebut juga sebagai babat tawon karena bermotif seperti sarang tawon. Babat ini memiliki tekstur yang lebih keras, liat dan membutuhkan waktu cukup lama untuk pematangannya. Masakan yang bisa dibuat dari babat ini ada soto, sopo atau gulai.

Babat Omasum

Ini merupakan babat dari bilik perut ketiga di sistem pencernaan sapi. Babat ini disebut huga sebagai babat buku karena bentuknya berlembar-lembar mirip buku. Ada juga yang menyebut babat ini sebagai babat jarit. Dibandingkan jenis babat lainnya, babat satu ini memiliki cita rasa paling gurih. Babat ini cocok dimasak ungkep, digoreng atau dimasak berkuah seperti halnya soto dan gulai.

Itulah beberapa jenis babat yang perlu diketahui. Karena beda babat beda rasa dan tekstur, usahakan untuk memilih babat yang paling cocok di lidahmu dan keluarga Sahabat Fimela. Semoga informasi seputar tips dapur ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Merebus Jeroan agar Empuk dan Tidak Bau
Artikel Selanjutnya
Cara Membersihkan Daging Babat agar Tidak Hitam