Sukses

Lifestyle

Gunakan Teknik Ini agar Adonan Donat Cepat Kalis

Fimela.com, Jakarta Dalam proses pembuatan donat, menguleni adonan bisa menjadi pekerjaan yang terberat. Menguleni adonan sampai kalis kadang cukup bikin kita bingung melakukannya. Tapi ada teknik mudah yang bisa dicoba.

Air yang digunakan dituangkan sedikti demi sedikit pada adonan agar hasilnya tidak terlalu lembek. Begitu semua bahan sudah tercampur rata, kita bisa menggunakan teknik seperti mencuci baju. Adonan donat bisa kita tarik lalu lipat ke arah kita beberapa kali. Layaknya seperti sedang mencuci baju dengan menggunakan tangan. Setelah itu adonan bisa dibanting-banting atau ditonjok-tonjok bila perlu. Membuat adonan donat dengan teknik seperti mencuci baju cukup membantu proses adonan bisa cepat kalis dan mulus.

 

Diuleni Sampai Keluar Seratnya

Salah satu adonan sudah kalis adalah ketika adonan ditarik sudah terbentuk serat-serat adonannya. Bila sudah begini, kita bisa mendiamkannya untuk proses fermentasi. Saat adonan sudah mengembang sekitar dua kali lipat besar semula, adonan bisa dibagi jadi beberapa bagian kemudian diamkan lagi sekitar 10 menit. Baru setelah itu bisa digoreng.

Menguleni adonan sampai kalis dan tidak lengket sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya memang perlu kepekaan dan kesabaran dalam proses mencampur semua bahannya. Semoga dengan teknik mencuci baju, kita bisa menghasilkan adonan yang kalis dan dapat mengembang sempurna, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Donat Empuk tanpa Telur, Cuma 5 Bahan