Sukses

Lifestyle

3 Tips Agar Wajan Tidak Lengket untuk Menggoreng

Fimela.com, Jakarta Seringkali kita gagal dalam menggoreng makanan karena makanan tersebut menempel di wajan sehingga sulit dibalik. Ketika dibalik, makanan tersebut akan hancur atau bentuknya rusak, seperti misalnya menggoreng tahu atau ikan.

Namun tantangan menggoreng ini sebenarnya bisa disiasati dengan cara memilih wajan yang benar. Ini tips agar wajan atau penggorengan tidak lengket untuk menggoreng.

1. Jangan gunakan untuk menumis atau merebus

Jika biasanya wajan digunakan untuk menggoreng, jangan digunakan untuk menumis atau merebus, yang mana membuat wajan mengalami kontak dengan air dalam waktu lama. Ketika akan digunakan untuk menggoreng lagi, pasti akan lengket.

Cara agar wajan tidak lengket untuk menggoreng

2. Pisahkan wajan kering dan wajan basah

Dalam hal ini, wajan kering adalah wajan yang hanya untuk menggoreng, wajan hanya kontak dengan minyak. Wajan basah adalah wajan yang biasa digunakan untuk mengolah makanan basah dan berkuah seperti menumis, mengukep makanan, opor, membuat capcay dan lainnya.

3. Oles minyak sebelum menggoreng

Sebelum menggoreng, oles dulu wajan merata dengan sedikit minyak dan panaskan. Setelah itu matikan api dan tuang minyak secukupnya untuk menggoreng. Cara ini bisa membuat wajan terbiasa lagi dengan minyak.

Itu dia cara agar wajan tidak lengket digunakan untuk menggoreng. Kecuali jika menggunakan wajan anti lengket, tak masalah menggunakannya untuk berbagai keperluan, mulai menumis, menggoreng, merebus hingga memanggang.

#GrowFearless with FIMELA

Loading