Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2019: 4 Tips Hidup Terbebas Utang Kartu Kredit Demi Finansial yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Menggesek kartu kredit merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan bagi sebagian perempuan. Dengan kartu kredit, apalagi dengan limit kredit yang sangat besar, memberikan keleluasaan untukmu yang hobi berbelanja dan traveling. 

Tapi, privilage ini kadang membuat banyak orang lupa. Kalau kartu kredit bukan uang tambahan, melainkan hanya opsi pembayaran yang bisa mempermudah transaksi. 

Bayangkan, berutang menggunakan kartu kredit untuk berbelanja dan membeli barang-barang konsumtif akan membebanimu untuk waktu yang sangat lama. Terutama ketika kamu hanya mampu membayar hanya sebatas minimal pembayaran setiap bulan, demi menghindari denda. 

Banyak ahli finansial yang memberikan tips dan saran mengenai kesehatan finansial. Namun, tulis Discover.com, kebanyakan hanya menekankan pentingnya spending less than you earn. Hingga kini, masih banyak perempuan yang belum paham betul bagaimana cara menggunakan kartu kredit tanpa harus terlilit utang. Namun, sebagai fearless women, Sahabat Fimela harus berani membenahi masalah keuangan pribadi, meski harus menekan pengeluaran sana-sini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar terbebas dari jerat utang.

 

 

Gunakan Kartu Kredit Sesuai Jumlah Uang yang Kamu Miliki

Kartu kredit sangat identik dengan konsep 'buy now, pay later.' Hal ini memudahkanmu untuk membeli apa pun, mulai dari barang yang benar-benar dibutuhkan, hingga barang mewah yang kamu inginkan. Tapi, ketika tagihan datang, kamu langsung kewalahan. 

Untuk itu, Discover.com menulis, sebaiknya kamu menggunakan kartu kredit sesuai dengan jumlah uang yang kamu miliki. Agar lebih teratur, usai setiap kali menggesek kartu kredit, sisihkan uang yang kamu miliki sejumlah nominal yang dibayar kartu kredit untuk membayar tagihan. Dengan cara ini, penggunaan kartu kreditmu dijamin akan aman dan tidak melebihi budget. 

Biasakan untuk Pakai Uang Tunai

Meski sangat mudah menggesek kartu kredit, namun biasakan untuk menggunakan uang tunai. Gunakan kartu kredit ketika kamu tidak bisa menggunakan cash seperti pada saat traveling ke luar negeri, membeli barang secara online dari luar negeri, dan lain-lain. 

Biasakan Memiliki Uang Jaga-Jaga

Selain menabung setiap bulan, sisihkan pendapatanmu sebagai uang jaga-jaga. Uang ini sangat berguna ketika ada hal urgent yang harus dibayar menggunakan kartu kredit. Jika jumlah pembayaran tersebut lebih dari budget penggunaan kartu kreditmu selama sebulan, uang jaga-jaga ini bisa menolongmu agar tidak terlilit utang. 

Pendapatan Naik, Budget Harus Tetap

Ketika pendapatan per bulanmu naik, jangan tingkatkan budget penggunaan kartu kreditmu juga. Biasanya hal ini yang justru membuatmu terlena menggunakan kartu kredit dengan nominal tagihan yang semakin meningkat. Lebih baik, kamu tidak menaikkan budget penggunaan kartu kredit dan menabung lebih banyak dari pendapatan barumu. 

***

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut dengan tagihan kartu kredit. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019.

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: 5 Langkah Mengatur Keuangan Untuk Ibu Modern agar Tidak Boros
Artikel Selanjutnya
Trik Mengelola Keuangan Saat Jalani Pendidikan di Luar Negeri