Sukses

Lifestyle

Ini Jangka Waktu Telur Rebus Bisa Disimpan di Kulkas Setelah Matang

ringkasan

  • Telur matang dalam keadaan sudah direbus punya masa kedaluwarsa lebih pendek dibandingkan telur mentah
  • Lama waktu menyimpan di dalam kulkas juga tidak boleh lebih dari 6 hari untuk menjaga kesegaran telur rebus

Fimela.com, Jakarta Telur rebus umumnya akan langsung dimakan ketika sudah matang, namun ada kalanya telur rebus tidak langsung dimakan, tapi menunggu beberapa lama atau justru disimpan lagi di dalam kulkas. Apakah ini aman, dan kalau pun bisa disimpan, berapa lama kira-kira telur rebus bertahan jika disimpan?

Ternyata, telur matang dalam keadaan sudah direbus punya masa kedaluwarsa lebih pendek dibandingkan telur mentah. Dengan kata lain, telur rebus mudah busuk jika tidak langsung dimakan, seperti dilansir dari Healthline.com.

Hal ini dikarenakan lapisan terluar pelindung pada cangkang telur hilang sehingga bakteri dan mikroba mudah masuk dan telur tidak awet lagi untuk disimpan. Menyimpannya di dalam kulkas memang akan memperlambat kerusakan telur rebus dari bakteri dan mikroba.

Telur Rebus Sebaiknya Langsung Dimakan

Jangka waktu terbaik untuk menyimpan kembali telur ke dalam kulkas setelah direbus adalah 2 jam setelah matang. Lama waktu menyimpan di dalam kulkas juga tidak boleh lebih dari 6 hari untuk menjaga kesegaran telur rebus, dan lebih baik dicek dulu sebelum dimakan.

Akan sangat baik jika tidak membiarkan telur rebus terlalu lama di suhu ruangan, karena akan mudah busuk. Telur rebus yang sudah tak layak makan biasanya akan mengalami perubahan warna, rasa, aroma dan tekstur yang menjadi berair.

Jadi, jika memang ingin menyimpan telur rebus yang tidak langsung dimakan, panduan di atas bisa dilakukan, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanpa Susu, Ini Tips Membuat Telur Orak-arik yang Lembut
Artikel Selanjutnya
Berapa Lama Telur Rebus Bisa Busuk Jika Dibiarkan di Suhu Ruangan?