Sukses

Lifestyle

5 Bahayanya Tidur dengan Rambut Masih Basah

ringkasan

  • Membuat Rambut Mudah Patah
  • Membuat Tubuh Gampang Jatuh Sakit
  • Memicu Perkembangan Bakteri

Fimela.com, Jakarta Karena malas atau sudah kecapekan, kadang setelah keramas kita langsungtidur.  Tidur dengan rambut yang masih basah mungkin bukan hal yang serius. Namun, dampaknya ternyata bisa cukup berbahaya.

Tidur dengan rambut masih basah bisa memengaruhi kondisi rambut dan kesehatan kita. Sangat disarankan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur. Jika tidak, dampaknya bisa negatif.

1. Membuat Rambut Mudah Patah

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, rambut akan mudah patah bila kita tidur dengan keadaan rambut yang masih basah. Rambut yang masah akan mudah patah karena rambut paling rapuh saat masih basah. Apalagi ketika tidur kepala kita akan bergerak-gerak, maka rambut jadi makin mudah patah.

2. Membuat Tubuh Gampang Jatuh Sakit

Tidur dengan rambut yang masih basah bisa membuat suhu tubuh kita turun. Hampir mirip dengan efek tidur di tempat dengan penyejuk udara (AC) yang sangat dingin, tidur dengan rambut masih basah membuat kita berisiko tinggi mudah jatuh sakit. Sistem kekebalan tubuh kita bisa menurun dan kita rentan terkena virus flu.

 

 

3. Memicu Perkembangan Bakteri

Kombinasi suhu hangat dan air dapat memicu perkembangan bakteri yang cepat. Bayangkan rambutmu yang basah menyentuh bantalmu yang hangat saat tidur, berapa banyak bakteri yang akan berkembang? Selalu pastikan rambut sudah dalam keadaan benar-benar kering sebelum tidur untuk mencegah perkembangan bakteri ini.

4. Menyebabkan Munculnya Ketombe

Hal ini ada kaitannya dengan berkembangnya bakteri pada rambut. Akibatnya bisa menyebabkan ketome. Selain itu, tidur dengan rambut basah bisa membuat minyak alami rambut berkurang dan membuat rambut jadi kering. Kombinasi bakteri dan hilangnya minyak alami rambut ini bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe pada kulit kepala. Wah, nggak mau kan kalau yang tadinya rambut sudah bersih sehabis keramas tapi karena tidak dikeringkan dulu sebelum tidur malah menyebabkan munculnya ketombe?

5. Memicu Munculnya Jerawat

Karena bakteri yang berkembang pada bantal yang kita gunakan, kulit wajah kita pun jadi rentan terkena jerawat. Jangan sampai deh gara-gara malas mengeringkan rambut, kulit wajah kita jadi ikut korban juga.

Idealnya rambut yang baru selesai dikeramasi perlu dikeringkan lebih dulu sebelum kita beranjak tidur. Terlebih jika keramas rambut dilakukan pada malam hari, maka mau tidak mau kita harus meluangkan waktu untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Perut Kekenyangan, Lakukan Olahraga Ini untuk Melancarkan Pencernaan
Artikel Selanjutnya
Hal Pertama yang Perlu Dilakukan saat Mulai Tak Enak Badan