Sukses

Lifestyle

Mandi Air Hangat Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Fimela.com, Jakarta Usai menjalani beragam aktivitas sepanjang hari, tentu saja istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak adalah dambaan setiap orang. Sebab, tidur bisa sangat mempengaruhi tubuh dan pikiran.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dengan mudah. Bahkan ada yang kala badan dan pikiran sudah sangat lelah pun, di malam hari tetap kesulitan tidur nyenyak.

Untuk membantu mencapai tidur nyenyak saat kamu merasa sangat lelah, kamu bisa coba mandi air hangat sebelum tidur. Sebuah study di University of Texas menyebutkan bahwa mandi sebelum tidur bisa membantu tidur nyenyak lebih cepat.

Perhatikan Suhu Air dan Waktu Mandi

Waktu yang disarankan untuk mandi malam adalah 1,5-2 jam sebelum beranjak tidur. Suhu tubuh cenderung turun di waktu-waktu tersebut, dan akan bertambah rendah saat sudah terlelap. Mandi air hangat sebelum tidur berfungsi untuk memberi sinyal pada tubuh dan otak bahwa ini sudah saatnya istirahat.

Selain waktu, perhatikan juga suhu air yang digunakan untuk mandi. Mengutip dari Mirror, suhu air yang dianjurkan adalah 40-43 derajat celcius. Jika ingin tambah rileks dan menstimulasi tubuh untuk cepat tidur, kamu bisa tambahkan beberapa tetes lavender oil di bak mandi, Sahabat Fimela. Selamat mencoba, ya!

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kombinasi Passion Flower dan Valerian Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur
Artikel Selanjutnya
Sering Mandi Bisa Bikin Kulit Kering, Ini Penyebabnya Menurut Dermatologis