Sukses

Lifestyle

Anti Ribet di Musim Hujan, Rahasia Membersihkan Sepatu Berdasarkan Bahannya

Fimela.com, Jakarta Menjaga sepatu agar tetap bersih di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, apa kamu juga merasakannya? Percikan air hujan sangat mudah menempel dan menimbulkan noda yang terkadang sulit untuk dibersihkan.

Namun, membersihkan sepatu ternyata juga tidak bisa sembarangan. Mulailah dengan memahami bahan dari sepatu yang akan dibersihkan, karena ternyata cara membersihkannya pun berbeda-beda.

1. Kulit

Hal pertama yang harus dilakukan ketika sepatu kulitmu basah atau terkenal cipratan air hujan, bersihkan dengan handuk microfiber atau tisu kering sampai air benar-benar menghilang dari sepatu. Jangan pernah merendam sepatu kulit di dalam air karena dapat merusak bahan kulit itu sendiri, membuatnya menjadi mengerut.

Jangan pernah mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari, keringkan menggunakan kipas angin, kemudian gunakan sabun pembersih dan balsem khusus untuk sepatu kulit. Paparan sinar matahari bisa membuat sepatu jenis apapun cepat rusak dan lem pada sol lebih mudah terlepas.

2. Suede

Hal pertama yang harus dilakukan ketika sepatu berbahan suede terkena cipratan air hujan adalah mengeringkannya dengan kipas angin, jangan langsung dibersihkan saat masih basah. Baru setelah kering, bersihkan noda menggunakan sikat yang lembut dengan gerakan satu arah.

Karena suede adalah bahan yang lembut, jangan membuat sepatu ini terlalu basah, karena bisa menjadi kaku dan keras.

"Membersihkan sepatu suede harus less water, cukup gunakan cleaner khusus bahan suede dan sikat dengan gerakan satu arah. Lalu, gunakan handuk microfiber untuk mengeringkannya secara perlahan. Ulangi selama beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal," jelas Reza Fahlevi, Founder dari Gurat Clean, jasa cuci sepatu ketika ditemui oleh FIMELA.

 

 

Sepatu berbahan canvas dan sepatu olahraga

3. Canvas

Membersihkan sepatu berbahan canvas bisa dengan sikat bertekstur medium atau sikat gigi. Sikat sepatu menggunakan cleaner dan air bersih pada seluruh bagian sepatu, namun jangan terlalu ditekan.

Lakukan cara ini beberapa kali sampai noda menghilang, lalu keringkan menggunakan kipas angin. Kamu tidak boleh menggunakan deterjen untuk sepatu berbahan apapun, karena dapat merusak dan mengubah warna sepatu.

4. Sepatu olahraga

Air hujan bisa meresap ke dalam sepatu olahraga dengan mudah. Untuk membersihkannya, kamu memerlukan sikat dengan tekstur medium, aplikasikan mulai dari out sole hingga permukaan sepatu.

Gunakan air secukupnya dan cleaner khusus untuk mengembalikan penampilan sepatu. Ketika basah, sepatu olahraga harus cepat dibersihkan agar tidak meninggalkan bau tak sedap.

Sepatu berbahan mesh dan nubuck

5. Mesh

Sekilas, bahan sepatu ini mirip dengan sepatu olahraga. Untuk membersihkan bahan sepatu mesh dari air hujan, gunakan handuk atau tisu kering untuk mengeringkan di bagian permukaan sampai ke dalam sepatu.

Setelah itu, gunakan sikat gigi dan cleaner secara perlahan. Membersihkan sepatu berbahan mesh tidak boleh dilakukan terlalu kuat, karena bisa merusak jaringnya.

6. Nubuck

Bahan nubuck secara sekilas mirip dengan sepatu suede, namun jika diperhatikan lagi, bahan nubuck memiliki tekstur yang lebih halus. Untuk membersihkan bahan nubuck, lakukan menggunakan sikat bertekstur lembut dengan gerakan satu arah, lalu keringkan dengan handuk microfiber atau kain khusus untuk bahan nubuck.

"Membersihkan sepatu berbahan nubuck perlu dilakukan beberapa kali karena bahan ini rentan rusak jika terlalu basah. Lebih baik dikeringkan terlebih dahulu, baru dibersihkan," ujar Reza.

Khusus untuk bagian mid sole sepatu berbahan nubuck, gunakan tisu basah agar tidak retak atau rusak. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Koleksi Sepatu Puma yang Futuristik dan Retro Dinamis Diperagakan oleh Model Virtual
Artikel Selanjutnya
Selain Trendi, ini 4 Tren Sepatu Paling Nyaman di Kaki