Sukses

Lifestyle

Hal-Hal Kecil yang Bisa Membuat Hati Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Hidup tidak selalu tentang kesedihan dan keterpurukan. Tentunya, banyak momen bahagia yang bisa kamu dapatkan dan menjadi kenangan indah. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa jalan hidup terkadang terasa sulit dan penuh perjuangan. Sebagian orang di luar sana dapat melewati masa-masa sulit dan tetap terlihat bahagia.

Ingin tahu apa tips-tips mereka agar tetap bisa merasa bahagia? Dilansir dari popsugar.com, berikut hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan.

Mengubah Kesalahan Menjadi Pelajaran

Saat kita tengah berusaha untuk mencapai kesempurnaan, kesalahan adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan. Meskipun mudah untuk menyalahkan diri sendiri ketika pekerjaan baru tidak berhasil atau hubungan cinta berantakan, fokus pada proses belajar akan membantu kamu untuk mengubah kesalahan menjadi sesuatu yang produktif. Ketika ada yang tidak beres, anggap itu kesempatan untuk tumbuh dan menjadi diri yang lebih baik.

Liburan

Jika kamu tidak mampu melakukan perjalanan luar negeri atau lintas benua, ada banyak cara yang lebih murah. Mencicipi makanan baru atau sekadar menikmati pemandangan sambil menghirup udara segar di dalam kota adalah cara yang baik untuk menyegarkan pikiran. Kamu bisa bepergian sendiri atau mengajak teman dan menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Menyenangkan bukan?

Sering Mengucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih adalah cara kecil untuk membuat orang lain lebih gembira. Selama hari yang sibuk, luangkan waktu sejenak untuk bersyukur atas hal-hal kecil. Ini mungkin tidak muncul secara alami tetapi jika dilakukan dalam jangka panjang, itu benar-benar akan meningkatkan kebahagiaanmu. Baik sekedar berterimakasih dengan penjaga kasir supermarket yang ramah atau rekan kerja yang sudah membantumu. Ada banyak peluang untuk menghargai hal-hal kecil.

Meluangkan Waktu untuk Istirahat

Meluangkan waktu berjam-jam di kantor itu menguras tenaga tetapi ada sedikit trik yang akan membantu kamu menjadi lebih bahagia dan lebih produktif, yaitu dengan beristirahat. Bahkan jika kamu membawa makan siang sendiri, keluarlah untuk sekadar berjalan di sekitar kantor. Hal ini akan membuat tubuhmu bergerak dan mengalihkan pandangan dari layar komputer, sehingga membantu tubuh menghilangkan rasa lelah. Hanya dengan waktu lima menit, tubuhmu akan kembali terasa segar dan siap untuk melanjutkan pekerjaan.

Membangun Hubungan

Menjaga persahabatan adalah bagian penting dari menjalani hidup yang bahagia. Kamu dapat memiliki beberapa teman dekat atau lingkaran sosial yang besar. Dengan begitu, kamu akan merasa terhibur dan lebih bahagia.

Tidak Menyalahkan Masa Lalu

Alih-alih memikirkan hal-hal yang salah di masa lalu, buat waktumu lebih bermakna dengan melihat masa depan. Ketika kamu tetap positif dan berpikir tentang hal-hal yang dapat dicapai, kamu dapat menemukan kedamaian dengan hal-hal yang mungkin tidak sesuai dengan keinginanmu sebelumnya.

Mengambil Peluang

Alih-alih menunggu kesempatan untuk jatuh ke pangkuanmu, raihlah dan jangan ragu untuk segera mencapai peluang itu. Menempatkan diri di luar sana bisa terasa seperti sebuah tantangan tetapi begitu kamu mengambil risiko, apakah itu mencari pekerjaan baru atau mengajak teman kencan. Siapa tahu peluang ini bisa membuat hidup jadi lebih baik dan bahagia.

Tidur dengan Cukup

Mendapat beberapa jam tidur tambahan dapat membuat perbedaan besar. Ketika kamu merasa pusing atau dalam kondisi yang buruk, tidurlah dan kamu akan merasa lebih baik. Luangkan waktu untuk tidur dan menenangkan pikiran.

 

Bersikap Jujur

Mereka mengatakan "kejujuran adalah kebijakan terbaik," dan dalam hal kesehatan dan kebahagiaan, ini tidak mungkin salah. Kebohongan menyebabkan stres dan kecemasan. Jadi bersikaplah dengan jujur.

 

Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki jalannya sendiri dalam sebuah kehidupan. Ketika mulai membandingkan milikmu dengan orang lain, kamu sudah mengalihkan fokus dari kemajuan pribadi. Meskipun kecemburuan bisa sulit dikalahkan, belajar melepaskan dan membiarkan adalah cara terbaik. Dengan ini dapat membantu diri kita untuk fokus meraih kesuksesan kamu sendiri.

Itulah hal-hal yang kecil yang dapat kamu lakukan agar lebih bahagia. Semoga harimu menyenangkan, Sahabat Fimela!

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Sederhana agar Hubungan Percintaan Lebih Bahagia
Artikel Selanjutnya
Bukti Studi, Pernikahan bagai Sahabat Membuat Cinta Makin Erat