Sukses

Lifestyle

Selain Cinta, Orang Menyebut 4 Hal Ini sebagai Alasan Menikah

Fimela.com, Jakarta Memutuskan menikah memang bukan suatu pilihan yang mudah bagi banyak orang. Tak jarang orang justru merasa takut menikah karena risiko yang mungkin akan dihadapi, mulai dari pertengkaran, merasa tidak bahagia hingga perceraian.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pew Research Center tahun 2010 menemukan bahwa alasan utama seseorang memutuskan menikah adalah karena cinta. Faktor lain mengikuti setelah rasa cinta secara berurutan adalah komitmen, persahabatan, memiliki anak dan stabilitas finansial.

Survei yang dilakukan terhadap 1.306 orang yang menikah dan 1.385 orang yang belum menikah ini menunjukkan faktor keutamaan yang sama. Mereka memandang sebuah pernikahan memang harus didasarkan oleh cinta, kemudian diikuti adanya janji komitmen menjalani pernikahan seumur hidup.

Faktor penentu seseorang mau menikah

Faktor ketiga yang membuat orang yakin untuk menikah adalah rasa persahabatan (companionship) yaitu perasaan nyaman dan saling mengenal satu sama lain sehingga bisa menerima baik buruknya pasangan. Ketika menikahi seseorang yang sudah dianggap seperti sahabat, maka menjalani pernikahan dianggap lebih mudah.

Faktor pendukung lain yang tak kalah penting adalah kesepakatan memiliki anak dan stabilitas finansial. Pernikahan tak akan lengkap jika tidak dikarunia keturunan begitu juga tak akan bahagia dan damai jika tidak makmur secara keuangan.

Jadi, sebenarnya sangat realitis ya. Untuk bisa mencapai keputusan menikah, nyatanya orang tidak hanya butuh satu faktor penentu, namun banyak hal untuk dipertimbangkan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kunci Jalani Pernikahan Bahagia Menurut Penelitian
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Menikahi Pria yang Sifatnya Berbeda Itu Seru