Sukses

Lifestyle

Jatuh Cinta dan Punya Pasangan Justru Bikin Gemuk, Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah merasa berat badan semakin bertambah setelah pacaran atau menikah? Ternyata menjalin hubungan cinta dengan seseorang bukan hanya mampu mengubah hati dan cara berpikir seseorang tapi juga mengubah gaya hidupnya, termasuk pola makan.

Jika tak disadari, bisa jadi membahayakan kesehatan. Lalu apa sebenarnya penyebab tubuh bertambah gemuk selama menjalin hubungan cinta? Simak alasannya.

1. Lebih sering makan

Sering mendapat pertanyaan, “Sudah makan? atau ajakan “Ayo makan di luar” dari pasangan? Mungkin pertanyaan dan ajakan ini tampak romantis, tapi jika dituruti setiap waktu, apalagi jika sering makan di malam hari, jangan heran jika timbangan berat badan naik. Sekali dua kali makan di luar boleh, tapi pertimbangkan juga kesehatan. Penelitian yang dilakukan di University of Glasgow membuktikan bahwa orang yang menikah cenderung mengalami kenaikan berat badan karena mengadopsi pola hidup pasangan yang kurang sehat.

2. Beda metabolisme tubuh

Secara umum, tubuh pria memiliki metabolisme yang lebih cepat dalam memproses makanan sehingga lebih lambat menaikkan berat badan. Sedangkan tubuh perempuan sebaliknya, metabolisme tubuh cenderung lambat sehingga lebih cepat menaikkan berat badan. Inilah mengapa bisa ada banyak lemak yang tiba-tiba menumpuk di tubuh.

3. Jarang olahraga

Lebih sering kencan dan lebih jarang olahraga, mengalaminya juga? Orang yang single cenderung lebih sering olahraga dan menjaga bentuk tubuhnya agar menarik di mata lawan jenisnya. Ketika memiliki pasangan, seringkali orang mengorbankan waktu olahraganya untuk kencan. Jadi kesadaran perlu dimulai dari diri sendiri untuk hal ini.

4. Kamu jadi lebih cuek

Menemukan pasangan yang bisa membuatmu nyaman dan bisa menjadi diri sendiri memang penting, tapi jangan kemudian mengabaikan kesehatan. Hanya karena ia tak masalah meski kamu gemuk, jangan jadi alasan kamu tak peduli lagi dengan bentuk tubuh dan berat badan.

5. Lebih bahagia

Hati-hati, ternyata bahagia juga mampu menaikkan berat badan. Penelitian yang dilakukan di University of North Carolina menemukan bahwa pasangan yang benar-benar bahagia dengan kehidupan cintanya cenderung mengalami kenaikan berat badan karena merasa tidak perlu mengkhawatirkan apa pun.

Ada banyak hal sehat yang bisa dilakukan dengan pasangan, apalagi yang berhubungan dengan menjaga kesehatan. Jangan sampai jatuh cinta membuatmu mengabaikan masalah berat badan ya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading