Sukses

Lifestyle

Tips Efektif Mencegah Alergi Dingin

Fimela.com, Jakarta Alergi, mungkin sebagain besar orang mengalaminya, entah alergi debu, makanan atau suhu dingin. Alergi dapat menyebabkan beberapa keluahan bagi penderitanya. Memasuki musim penghujan seperti ini, akan menjadi masalah bagi sebagian orang yang mengalami alergi dingin.

Alergi dingin akan muncul ketika seseorang terkena paparan suhu dingin yang menyebabkan timbulnya ruam dan rasa gatal-gatal. Lalu seperti apa cara untuk mengatasi alergi dingin? Berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah alergi dingin.

Hindari Tubuh Terkena Paparan Udara Dingin

Memasuki musim penghujan seperti ini, membuat suhu menjadi lebih dingin. Usahakan tubuh tetap hangat dengan menggunakan jaket dan kaus kaki saat keluar rumah. Jika berada dirumah, tetap kenakan jaket dan menggunakan alas kaki. Hal ini untuk meminimalisir munculnya reaksi dari alergi dingin.

Mandi Dengan Air Hangat

Alergi dingin dapat dipicu dari penggunaan air dingin ketika mandi. Jika berkunjung di sebuah tempat yang memiliki suhu udara yang rendah, sebaiknya jaga tubuh agar tetap hangat. Usahakan jika hendak mandi baiknya menggunakan air hangat. Meskipun tidak sedang bepergian, jika suhu udara dirumah lebih dingin, sebaiknya tetap gunakan air hangat untuk mandi.

Jangan Menggaruk Bagian yang Gatal

Jika mengalami alergi dingin, muncul rasa gatal yang luar biasa, usahakan untuk tidak menggaruknya. Menggaruk hanya akan memperparah muculnya bentolan dan rasa gatal itu sendiri. Jika terasa gatal baiknya usap halus saja, atau mengoleskan minyak kayu putih untuk meringankan rasa gatal.

Menjauh dari Pemicu

Jika berada di dalam ruangan baik di kantor atau di dalam rumah sebaiknya hindari pemciu alergi. Jika melakukan kegiatan berada di ruangan ber AC sebaiknya hindari atau dapat juga mengenakan pakaian dengan bahan tebal yang membuatmu lebih terasa hangat.

Konsultasi ke Dokter

Umumnya ketika seseorang mengalami alergi, akan bereaksi hingga 2 jam, setelah itu alergi akan hilang dengan sendirinya. Jika lebih dari 2 jam alergi tak kunjung sembuh ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebenarnya efek dari alergi dingin dapat hilang denga sendirinya. Namun jika beberapa jam tidak mereda, dapat mengonsumsi obat untuk meredakannya. Namun ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

#changemaker

;
Loading