Sukses

Lifestyle

Metode Pembayaran Terbaik Jika Kamu sedang Mengatur Keuangan

Fimela.com, Jakarta Mengatur keuangan jelas bukan perkara mudah, karena melibatkan banyak hal. Salah satu hal yang benar-benar harus diperhatikan adalah jenis pembayaran yang kamu lakukan, apakah tunai, debit, atau kredit?

Dilansir dari purewow.com, Rabu (12/2/2020), berikut ini adalah metode pembayaran terbaik jika kamu sedang berusaha mengatur keuangan. Penasaran?

1. Mengatur keuangan dengan uang tunai atau kartu debit

Tidak seperti kartu kredit, uang tunai atau kartu debit akan memaksamu menarik langsung dari rekening bank setiap kali kamu melakukan transaksi. Keuntungan utama dari metode pembayaran ini adalah bahwa kamu hanya bisa menghabiskan uang yang kamu miliki.

Cobalah untuk membagi uang tunaimu ke dalam beberapa saku. Setiap kali kamu menarik uang di ATM, bagilah uang tersebut ke dalam beberapa amplop berdasarkan kebutuhan, seperti tagihan listrik atau belanja bulanan untuk menekan kebiasaan menghabiskan uang di luar anggaran keuangan yang telah dibuat.

 

2. Mengatur keuangan dengan kartu kredit

Sebenarnya kartu kredit juga bisa membantumu mengatur keuangan, asalkan kamu memiliki kontrol diri untuk melunasi tagihan setiap bulannya. Metode ini memungkinkan kamu menyimpan semua pengeluaran di satu tempat.

Jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, pisahkan sesuai kebutuhan. Misalnya satu kartu kredit untuk membayar belanja bulanan, sedang kartu kredit lainnya untuk membayar tagihan.

Kelemahan dari kartu kredit adalah uang yang kamu belanjakan tersebut sebenarnya adalah pinjaman sementara dari bank. Jika kamu tidak memiliki kesadaran ini, maka uang tersebut bisa segera menjadi hutang.

Lantas, metode pembayaran yang mana yang terbaik ketika kamu sedang berusaha mengatur keuangan?

Semua tergantung pada kepribadian dan kebutuhanmu. Jika kamu ingin memastikan semua berjalan dengan baik, tanpa mengeluarkan uang lebih, gunakan metode pembayaran dengan uang tunai.

Sedangkan kamu yag ingin praktis, bisa menggunakan metode pembayaran menggunakan kartu kredit. Dengan catatan, kamu bisa melunasinya setiap bulan.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading