Sukses

Lifestyle

Tips Membersihkan Wajan yang Berkerak Setelah Memasak

Fimela.com, Jakarta Setelah memasak berbagai jenis masakan tentunya akan membuat kita mengalami kesulitan saat hendak membersihkan sisa-sia masakan yang menempel di wajan ataupun panci. terlebih jika menimbulkan kerak yang gosong.

Tenang saja ada banyak cara untuk membersihkan kerak yang gosong pada panci dan wajan dengan mudah. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan kerak gosong pada panci atau wajan.

Rendam dengan Air Panas

Ketika memasak terkadang akan meninggalkan bekas makan yang gosong. Terlebih jika kerak ini sangat membandel. Jika wajan atau panci gosong, cobalah untuk merendam panci menggunakan air panas. Biarkan air hingga dingin, jika sudah dingin, gosok wajan menggunakan sabut dan sabun.

Bersihkan dengan Air Cuka

Air cuku dapat digunakan untuk membersihkan kerak membandel pada wajan. Caranya cukup mudah dengan merendam wajan menggunakan air biasa yang dicampur dengan cuka. Biarkan beberapa saat, kemudian gosok wajan menggunakan sabut penggosok wajan dengan sabun secukupnya.

Rendam dengan Air Sabun

Cara yang mudah lainnya yaitu dengan merendam wajan menggunakan iar sabun. Tuangkan sabun secukupnya ke dalam wajan, kemudian tambahkan air hingga menutupi permukaan kerak, biarkan beberapa lama. Kemudian cuci menggunakan sabut penggosok wajan.

Gunakan Citrun dan Abu

Citrun yang biasanya untuk campuran bahan makanan ini juga dapat berfungsi untuk membersihkan wajan yang berkerak dan gosong. Caranya mudah sekali, campurkan citrun dengan sabun dan abu, kemudian gosokkan pada wajan yang berkerak. Lakukan berulang kali, hingga wajan benar-benar bersih.

Mulai sekarang tak perlu khawatir menggunakan peralatan memasak, karena khawatir jika membuat peralatan memasak menajdi kotor dan berkerak. Tips diatas dapat dicoba untuk membersihkan kerak yang gosong pada peralatan memasak lainnya. Tetap jaga kebersihan peralatan memasak, supaya terhindar dari kuman dan bakteri.

#Changemaker

Loading