Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Bagi sepasang kekasih menikah adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Menikah juga merupakan kelanjutan hubungan untuk menuju ke jenjang yang lebih serius. Pernikah bukan hanya menyatukan pasangan, namun pernikahan juga menyatukan keluarga kedua belah pihak.

Jika memang hendak melanjutkan hubungan yang lebih serius, ada baiknya persiapkan sejak dini. Bicarakan hal ini dengan pasangan. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dibicarakan sebelum menikah.

Karier

Bicarakan masalah karier dengan pasangan, yang jelas calon suami adalah tulang punggung keluarga nantinya. Namun ada baiknya untuk membicarakan masalah karier sebelum menikah. Tanyakan apakah dirimu diperkenankan untuk bekerja, atau harus fokus mengurus rumah tangga. Jika memang diperkenankan, mungkin mengambil kerjaan yang fleksibel dapat dilakukan, supaya tetap fokus mengurus rumah tangga.

Membagi Tugas Rumah

Diskusikan tentang pembagian tugas rumah bersama pasangan. Keputusan seperti apa yang akan diambil, ingin menggunakan jasa asisten rumah tangga atau melakukan pekerjaan rumah dengan cara membagi tugas. Pertimbangkan pula, menggunakan jasa asisten rumah tangga dapat menambah biaya pengeluaranmu setiap bulannya.

Masalah Finansial

Membicarakan masalah keuangan memang perlu dilakukan, meskipun ini sedikit sensitif. Bahas masalah keuanganmu dengan pasangan, seorang suami memang memiliki kewajiban untuk menafkahi istrinya. Diskusikan bagaimana untuk mengatur keuangan, siapa yang harus bertanggung jawab untuk mengelola keuangan. Jangan sampai masalah finansial akan membuat pertikaian dalam rumah tanggamu kelak. Jelaskan semua secara gamblang.

Membahas Keturunan

Dalam sebuah pernikahan akan indah bila segera di karuniai seorang buah hati. Namun sebagian orang memilih untuk menunda kehamilan karena beberapa faktor. Bicarakan hal ini dengan pasangan, apakah ingin segera mendapatkan momongan atau ingin berkarier dahulu. Jelaskan pula jika hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya seperti susah mendapatkan keturunan. Carilah jalan keluar untuk masalah-masalah tersebut dengan bijak.

Rencakan Masa Depan

Merencanakan masa depan setelah menikah perlu dilakukan meskipun ini masih sebatas angan-angan. Bicarakan tentang rencana masa depan rumah tangga ini seperti apa. Diskusikan pula untuk impian memiliki rumah sendiri, mungkin ini akan menjadi motivasi kalian untuk mencapai tujuan bersama.

Hal-hal diatas memang perlu dibahas sebelum melanjutkan hubungan yang lebih serius. Hal ini dapat menghindari keretakan dalam rumah tangga. Sepasang kekasih memang harus saling menerima kekurangan dan kelebihan amsing-masing, agar dapat saling melengkapi.

 

#Changemaker

Loading