Sukses

Lifestyle

Pigmen Buah dan Sayur Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Buah dan sayur yang sering kita konsumsi memiliki warna-warna yang menarik. Bahkan banyak yang menggunakan buah dan sayur sebagai pewarna alami saat membuat makanan. Namun ternyata warna-warna pada sayur dan buah memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini pigmen sayuran dan buah yang memiliki manfaat untuk tubuh.

Karotenoid

Karotenoid dapat ditemukan pada makanan yang mengandung warna jingga. Jenis buah dan sayur yang mengandung karotein seperti betakaroten dan alfakaroten diubah menjadi vitamin A yang baik untuk tubuh. Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kulit, pembuluh darah hingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada seseorang. Karotein dapat ditemui pada buah dan sayur yang memiliki warna jingga seperti wortel.

Likopen

Likopen merupakan pigmen makanan yang berwarna merah. Likopen dapat dijumpai pada buah dan sayur yang berwarna merah seperti tomat, ceri, dan masih banyak lagi. Likopen memiliki kandungan senyawa antioksidan dan antikanker. Bila seseorang dapat mengonsumsi tomat secara rutin dapat mengurangi resiko terserang penyakit prostat. Selain itu antioksidan pada likopen dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Antosianin

Antosianin merupakan makanan yang memiliki pigmen ungu kemerahan. Banyak buah dan sayur yang memiliki pigmen ini, seperti angggur, buah bit, buah naga, dan terong. Antikanker pada bahan makanan ini mampu menangkal penyakit seperti penyakit jantung koroner, menurunkan kadar gula dalam darah. Antosianin juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan pembuluh kapiler dan menurunkan tekanan darah.

Klorofil

Sudah banyak yang mengetahui, bahwa klorofil dihasilkan dari buah dan sayur yang memiliki pigmen warna hijau. Mengonsumsi makanan hijau dapat dapat menyehatkan tubuh, seperti melancarkan pencernaan, menambah darah, sebagai sumber energi dan masih banyak lagi. Buah dan sayur yang memiliki pigmen hijau mengandung senyawa antioksidan, antiperadangan, antibakteri, antiparasit, antikanker serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada seseorang. Cukup banyak sekali manfaat dari buah dan sayur yang memiliki pigmen warna hijau.

Kukurmin

Kunyit, sebagai salah satu bumbu dapur yang menghasilkan warna kuning ini ternyata juga memiliki khasiat untuk tubuh. Selain untuk pewarna alami pada makanan, warna kuning pada kunyit mengandung antiradang sebagai obat untuk mengatasi infeksi. Selain mengandung antiradang, kunyit memilik antioksidan yang cukup baik untuk melindungi sel otak manusia. 

Nah berikut tadi beberapa pigmen makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu konsumsi segala jenis buah dan sayur untuk menjaga tubuh teteap sehat dan tercukupi nutrisinya.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading