Sukses

Lifestyle

4 Tips Terhindar dari Jeratan Hubungan Beracun

Fimela.com, Jakarta Saat sudah terjebak dalam hubungan yang beracun, akan sangat sulit bagi kita memiliki dan membangun hidup yang bahagia. Ketika sudah terjerat dengan orang yang salah, susah untuk bisa melepaskan diri kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk lebih peka dan hati-hati supaya terhindar dari jeratan hubungan beracun (toxic relationship).

Ada sejumlah tips yang bisa dicoba agar terhindar dari jeratan hubungan beracun. Ada jebakan-jebakan yang perlu kita waspadai supaya kita tak jatuh ke dalamnya. Selengkapnya, langsung simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Cintai Dirimu Sendiri Terlebih Dahulu

Melansir 7 Tips to Avoid Toxic Relationships via huffpost.com, semakin kita meyakini bahwa kita berhak mendapatkan cinta yang baik, maka semakin mudah bagi kita untuk mendapatkannya. Untuk bisa melakukannya, kita perlu mencintai diri kita sendiri terlebih dahulu. Dengan begitu, secara sadar kita merasa berhak mendapatkan cinta yang baik dan hubungan yang sehat dengan pasangan yang tepat.

2. Bangun Hubungan dengan Landasan Saling Percaya

Menurut penelitian yang dilakukan oleh John Gottman via YourTango.com, rasa percaya dalam sebuah hubungan adalah faktor penentu paling penting dalam kesuksesan sebuah hubungan. Jika kita berada dalam hubungan yang tidak ada rasa saling percaya, penelitian Gottman menunjukkan bahwa hal tersebut bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Jika kita merasa tidak ada landasan saling percaya dalam sebuah hubungan, sebaiknya pertimbangkan dan pikirkan ulang apakah hubungan tersebut layak untuk dilanjutkan.

 

3. Jangan Memaksakan Cinta yang Tidak Tulus

Hati-hati jangan sampai dibutakan oleh cinta. Melansir 4 Ways To Avoid Toxic Relationships Altogether via elle.com, jika kamu sudah berusaha untuk mencintai dengan tulus dan terbuka mencintai pasanganmu tapi ternyata pasanganmu malah selalu mengabaikanmu, ini bisa jadi pertanda buruk. Sinyal untuk mulai mengambil langkah baru. Mungkin ada baiknya kamu mulai menjaga jarak atau merelakannya.

4. Dengarkan Isi Hatimu

Isi hati terdalam kita pasti menginginkan hubungan yang bahagia. Bila kita merasa tidak nyaman atau malah selalu merasa tersiksa ketika berhubungan dengan seseorang, coba pertimbangkan lagi apakah perlu melanjutkan hubungan tersebut atau tidak. Walau cinta kadang membuat kita kehilangan akal sehat, tapi kita tetap perlu memastikan hati dan pikiran kita bisa tetap merasa tenang dan nyaman saat menjalin sebuah hubungan

Semoga kita terhindarkan dari hubungan yang beracun, ya. Semoga pasangan yang kita dapat adalah orang yang benar-benar tepat untuk hidup kita.

#ChangeMaker

Loading