Sukses

Lifestyle

Sekolah Online Gratis Tidak Menghambat Proses Belajar di Tengah Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Akibat semakin luasnya penyebaran virus Corona di Indonesia, sejumlah wilayah pun memberlakukan sistem jarak jauh dalam proses pembelajaran di sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi penyebaran yang mungkin terjadi di sekolah.

Menanggapi kebijakan tersebut, aplikasi Ruangguru membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui aplikasi Ruangguru. Sehingga siswa-siswi di Indonesia masih bisa mendapatkan akses pembelajaran di tengah mewabahnya virus Corona.

Dalam Sekolah Online Ruangguru Gratis ini, para siswa bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh atau live teaching setiap Senin hingga Jumat. Program ini baru akan dimulai pada Senin, 16 Maret 2020 mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran dengan kurikulum nasional. Kelas inipun tersedia untuk murid kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA, baik untuk jurusan IPA maupun IPS yang dipandu oleh Master Teacher Ruangguru.

Para siswa yang belum bisa mengikuti sesi kelas di pagi hari, dapat mengakses rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah pukul 12.00. Selain live teaching, para siswa bisa memperdalam pemahaman materi melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

“Hadirnya Sekolah Online Ruangguru Gratis merupakan bentuk kepedulian kami terhadap keselamatan dan kesehatan jutaan guru, siswa dan keluarga, serta upaya kami untuk memastikan bahwa akses terhadap pendidikan tetap terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia, di mana pun dan kapan pun,” ucap Pendiri dan Direktur Utama Belva Devara.

Pelatihan Guru Online

Selain program bagi siswa, program inipun juga tersedia untuk guru untuk meningkatkan kapasitas mengajar melalui program Pelatihan Guru Online. Program yang dapat diakses secara gratis selama satu bulan ini, dilengkapi dengan 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi kompetensi dasar, seperti kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan masih banyak lagi.

Demi memudahkan proses belajar yang dilakukan secara online, aplikasi Ruangguru menyediakan fitur yang memungkinkan siswa untuk mengetahui rincian jadwal pelajaran serta live chat. Sehingga, siswa dapat mengajukan pertanyaan serta melakukan diskusi bersama dengan pelajar lain.

Fitur Set Reminder juga dibuat untuk mengingatkan siswa apabila kelas akan dimulai. Diharapkan dengan kehadiran Sekolah Online Ruangguru ini dapat memberikan kegiatan belajar mengajar yang efektif di tengah merebaknya virus Corona.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Alasan Terlambat Datang Bulan
Artikel Selanjutnya
Seberapa Berbahaya Virus Corona atau COVID-19 pada Tubuh?