Sukses

Lifestyle

Tips Kerja di Rumah yang Nyaman saat Menghadapi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Beberapa akhir waktu, Indonesia telah diberitakan positif virus corona. Hal ini membuat sebagian besar orang khawatir dan bahkan sekolah, tempat kerja, tempat wisata, dan bahkan beberapa transportasi umum diberhentikan hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan.

Sebagian besar perusahaan mengikuti saran dari pemerintah untuk bekerja di rumah. Mengerjakan pekerjaan di rumah, mungkin akan membuat sebagian orang merasa nyaman, dengan mengurangi tingkat kekhawatiran saat memerangi virus corona. Namun, mungkin bagi sebagian orang akan merasa bosan saat melakukan pekerjaan di rumah tanpa adanya interaksi dengan rekan kerja. Berikut ini beberapa tips kerja di rumah yang nyaman saat menghadapi virus corona.

Bangun Pagi

Karena adanya wabah virus corona, yang mengharuskanmu bekerja dari rumah, lantas tidak membuatmu bermalas-malasan. Cobalah untuk tetap bangun pagi, lakukan olahraga ringan supaya tubuh berenergi dan membuatmu merasa segar. Setelah itu bersihkan tubuh dan jangan lupa untuk sarapan. Konsumsi makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat untuk melawan virus.

Siapkan Ruang Keja Khusus

Dengan asumsi perusahaan telah memberimu peralatan dan komunikasi yang tepat, senang jika dapat menggunakannya dengan benar. Hindari bekerja di atas sofa atau kasur, ini hanya akan membuat dirimu merasa malas saat mengerjakan pekerjaan. Buatlah suasan yang menyenangkan.

Beri Batasan Jam Kerja

Jika bekerja di rumah bukan berarti membuat dirimu bebas menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang tidak pasti. Sebaiknya tetap gunakan jam kerja seperti di kantor untuk menyelesaikan beberapa pekerjaanmu. Ini dapat membantumu untuk memiliki jam istirahat yang lebih efektif. Jangan biarkan pekerjaan mengambil alih kehidupan rumahmu. Buatlah aturan jam kerja misalnya 8 jam kerja, setelah jam kerja selesai, pastikan dirimu mengistirahatkan fisik dan mentalmu.

Komunikasi dengan Kolega

Tetap lakukan komunikasi dengan kolega dan teman kerjamu tentang apa yang sedang dirimu kerjakan. Tetapkan obrolan dan rapat, bahkan secara informal, untuk mengganti interaksi langsung yang biasanya dilakukan di ruangan kantor. Ini bisa membuatmu merasa tidak stres saat berada di rumah yang berhubungan dengan pekerjaan.

Beristirahat

Beberapa pekerja mungkin merasa nyaman dan asyik saat mengerjakan pekerjaan di rumah yang kadang membuat mereka lupa makan siang, atau bahkan belum mendapati mereka beranjak dari tempat kerjanya. Sesekali luangkan waktu untuk makan siang di meja makan, dan jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih yang banyak.

Memanfaatkan Waktu saat di Rumah

Mengerjakan pekerjaan di rumah membuatmu memiliki waktu yang lebih efisien. Waktu yang seharusnya digunakan untuk pulang kerja bisa digunakan untuk hal lain. Misalnya untuk membuat sarapan dan makan malam. Manfaatkan waktu sebaik mungkin jika memang pekerjaanmu sudah selesai.

Tetap Fokus

Mungkin sebagian orang akan tergoda untuk memeriksa akun sosial media seperti twitter, faceebook dan instagram sepanjang hari saat tidak ada rekan kerja di sekitarmu. Cobalah untuk tetap fokus untuk menyelesaiakan pekerjaanmu. Selain itu, hal ini dapat membuatmu merasa lebih produktif.

Izinlah Jika Merasa Sakit

Banyaknya virus yang menyebar, mungkin akan membaut sebagian orang merasa tidak sehat mungkin terkena flu atau demam. Jika mengalami sakit sebaiknya untuk meminta izin apda atasan. Lakukan istirahat penuh, jangan bekerja. Jika memaksakan diri, mungkin sakit akan bertamabah lebih parah. Jika hal ini terjadi berhari-hari sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Pastikan Tetap Aman

Jangan menggunakan wifi di tempat umum, hal ini dapat beresiko pencurian data perusahaan. Selain itu juga, ini dapat mencegah penyebaran virus corona. Tempat umum menjadi salah satu tempat yang memungkinkan tertular virus tersebut. Jika tidak memiliki keperluan yang benar-benar penting usahakan untuk tetap di rumah. Jika bepergian gunakanlah masker serta jagalah kebersihan tubuhmu.

Mungkin akan terasa bosan saat melakukan pekerjaan di rumah, tetapi ini semua demi kebaikan bersama. Tetaplah menjaga kebersihan dan kesehatan. Konsumsi makanan yang sehat, usahakan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Simak Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading