Sukses

Lifestyle

Hari Kartini, 7 Profesi yang Kini Mulai Didominasi Perempuan

Fimela.com, Jakarta Sebuah laporan dari penelitian yang dilakukan LinkedIn pada Maret 2020 lalu menunjukkan kalau ada perubahan dan perkembangan positif pada karier perempuan di seluruh dunia. Terutama di Amerika Serikat. Menurut data yang ditampilkan dalam situs resmi LinkedIn, jumlah profile member yang terdaftar sebagai karyawan di 568 pekerjaan mengalami perubahan. 

Bidang pekerjaan yang tadinya didominasi oleh pria kini justru mulai diminati banyak perempuan. Bahkan, ada ratusan jenis pekerjaan yang kini justru didominasi perempuan dalam 5 tahun terakhir. 

Tidak dapat disangkal, perempuan telah membuat kemajuan besar dan luar biasa dalam memutuskan untuk bergabung dengan angkatan kerja dan berjuang untuk naik ke puncak di bidang pekerjaan masing-masing. The Insider menulis,  Biro Statistik Lapangan Kerja (BLS) pada tahun 2019 telah mengumpulkan data mengenai berapa banyak perempuan menempati beragam bidang pekerjaan. Data tersebut diambil dari Survey Populasi Terkini (CPS) yang dikumpulkan BLS dan Biro Sensus Amerika Serikat. 

Untuk memperingati Hari Kartini, berikut 10 bidang pekerjaan atau profesi yang kini banyak diminati perempuan. 

1. Customer service support manager

CNBC melaporkan, tahun 2019 di Amerika Serikat, profesi ini cukup banyak diminati perempuan. Jumlah persentasenya mencapai 50,1%.

2. Animation Specialist

Profesi ini 5 tahun belakangan masih didominasi pria. Namun, tahun 2019, jumlah perempuan yang memilih profesi ini mencapai angka 52,2%. 

3. UX designer 

Bidang Teknologi Informasi biasanya diminati banyak pria. Termasuk UX designer yang juga merupakan bagian dari bidang Teknologi Informasi. Namun tahun 2019, CNBC menulis, jumlah perempuan yang berkarier sebagai UX designer di Amerika Serikat mencapai 53,6%. 

4. Hiburan 

Bidang hiburan juga sempat didominasi pria. Bukan hanya aktor, Inc menulis, tetapi juga profesi lainnya di bidang ini kini mulai dilirik lebih banyak perempuan. Seperti bidang perfilman, media sosial, TV, dan produksi video. 

5. Industri Game

Dilansir dari Liputan6, industri game juga mulai dilirik banyak perempuan di Indonesia. Bukan hanya para gamer yang ada di YouTube, tetapi juga pecinta game yang sering ikut berbagai tingkat turnamen. Di Indonesia, ada beberapa gamer yang terkenal dan mulai namanya pun mulai dikenal kancah internasional, seperti Nixia, Olivia Gosandra, Sarah Viloid, FF Audrey, dan lain-lain. 

6. Pilot

Selain itu, pilot juga menjadi profesi yang kini mulai diminati banyak perempuan. Di Indonesia, kini sudah mulai banyak bermunculan para pilot perempuan yang cukup harum namanya. Seperti Tania Artawidjaya, pilot Garuda Indonesia yang masih berusia 25 tahun. Lalu ada juga Patricia Yora, Mellisa Anggiarti, Tifany Wulan Maringka, Sari Ardisa, dan masih banyak lagi.

7. Duta Besar

Profesi Duta Besar dahulu identik dengan pria. Namun, kini profesi ini juga mulai dipenuhi para perempuan tangguh nan cerdas. Seperti Amelia Yani, Duta Besar RI-Bosnia Herzegovina, Diennaryati Tjokrosuprihartono Duta Besar RI-Ekuador, Esti Andayani Duta Besar RI-Italia, Ciprus, Malta, San Marino, dan masih banyak lagi. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading