Sukses

Lifestyle

5 Tips Puasa Sehat di Tengah Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Untuk pertama kalinya, bulan puasa akan dilaksanakan di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini. Selain menahan lapar dan haus, kali ini kamu memiliki tantangan lain, yaitu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran selama bulan puasa.

Ada banyak manfaat puasa yang mungkin sudah pernah kamu dengar, seperti merangsang penurunan berat badan, mengurangi peradangan dari kondisi kesehatan kronis, meningkatkan tekanan darah, dan mengurangi kolestrol. Dilansir dari health.clevelandclinic.org, Kamis (23/4/2020), berikut ini adalah beberapa tips puasa sehat di tengah pandemi virus Corona, penasaran?

1. Memulai lebih awal

Mulailah puasa lebih awal dengan mengurangi porsi makan dan minum secara bertahap, sehingga bulan puasa tidak akan benar-benar mengejutkan tubuhmu. Jika kamu terbiasa makan dan minum teratur, tiba-tiba puasa mungkin akan terasa sulit, terutama untuk mempertahankan tingkat energi.

2. Menghindari makanan dan minuman gula

Menikmati makanan dan minuman manis secara berlebihan selama bulan puasa ternyata bukan ide yang baik, karena kamu akan mengalami penurunan gula darah setelahnya. Untuk mendapatkan energi yang cukup dalam jangka waktu panjang, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks dan protein selama bulan puasa.

 

3. Mengurangi aktivitas

Bukan saat yang tepat dan ide yang baik untuk melakukan olahraga intens selama bulan puasa. Jika kamu belum mendapatkan nutrisi yang cukup, hindari aktivitas fisik yang menguras energi.

4. Berkonsultasi dengan dokter

Jika kamu memiliki riwayat kondisi kesehatan tertentu, sebelum puasa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Berbuka puasa dengan benar

Saat buka puasa, jangan langsung mengisi perut dengan makanan berat, lakukan perlahan. Cara ini akan membantu menghindari perubahan cepat dalam gula darah dan kelelahan yang terkait dengan mengonsumsi sejumlah besar makanan.

Perhatikan juga beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk puasa, karena kondisi tertentu, seperti seseoran dengan penyakit diabetes dan sedang berjuang menjaga gula darah stabil, sedang menyusui, kurang berat badan, dan sedang dalam masa pemulihan dari operasi atau penyakit. Selamat puasa, sahabat FIMELA!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading