Sukses

Lifestyle

Komitmen Perusahaan Makin Serius Memberdayakan Perempuan

Fimela.com, Jakarta Kesetaraan gender selalu menjadi topik menarik untuk dibicarakan. Kali ini, kabar gembira datang dari Unilever Indonesia yang baru saja menandatangani dokumen CEO Statement untuk "Women Empowerment Principles" yang digagas oleh UN Global Compact dan UN Women.

Dengan menandatangani dokumen tersebut, Unilever Indonesia menyatakan komitmennya untuk terus memajukan kesetaraan gender di tempat kerja, pasar, dan komunitas melalui prinsip pemberdayaan perempuan. Ini merupakan bukti nyata dari dukungan Unilever Indonesia terhadap tercapainya target kesetaraan gender di dalam Sustainable Development Goals 2030 yang diciptakan oleh PBB.

Bergabungnya Unilever Indonesia dengan WEP juga berarti perusahaan berkomitmen siap untuk bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mendorong praktik bisnis yang memberdayakan perempuan. Adapun prinsip pemberdayaan perempuan yang telah ditandatangani, yaitu kepemimpinan yang mendukung kesetaraan gender, memperlakukan pekerja perempuan dan pria secara setara, menjamin kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan seluruh pekerja perempuan dan pria.

Selain itu mendorong pendidikan, pelatihan dan pengembangan profesi untuk perempuan, melaksanakan pengembangan usaha, rantai pasokan dan praktik pemasaran yang mendukung kesetaraan gender, mempromosikan kesetaraan melalui kegiatan komunitas dan advokasi, serta mengukur dan melaporkan secara terbuka tentang kemajuan yang telah dicapai perusahaan dalam mencapai kesetaraan gender.

 

Kesetaraan gender untuk perempuan di bidang bisnis

Unilever global bersama UN Women dan pemimpin industri lainnya juga tergabung dalam "Unstereotype Alliance" yang bertujuan mengubah stereotip dan bias gender dalam menggambarkan sosok perempuan menggunakan media iklan. Komitmen ini telah dilakukan oleh Unilever global sejak tahun 2009, di mana 44,1% dari jajaran direktur Unilever Indonesia terdiri dari perempuan dan 40,7% dari jajaran manager juga perempuan.

Tidak hanya itu, Unilever Indonesia juga menyediakan berbagai fasilitas dan program, seperti daycare, ruang laktasi, dan cuti melahirkan selama 4 bulan. Sedangkan untuk karyawan pria, ada paternity leave selama 3 minggu agar mereka bisa membantu istrinya merawat anak yang baru lahir.

Untuk peluang mengembangkan diri, Unilever Indonesia juga memiliki program Women in Engineering Leadership Fellowship (WULF) guna mendukung perempuan Indonesia berkarier di bidang teknik yang selama ini didominasi oleh kaum pria. Bagaimana menurutmu?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading