Sukses

Lifestyle

Raih Surga Hingga Datangkan Rezeki, 5 Keutamaan Salat Duha

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi kesempatan terbaik kita untuk meraih lebih banyak pahala dari ibadah-ibadah yang kita lakukan. Selain ada kewajiban salat lima waktu, ada juga beberapa salat sunah yang bisa kita rutinkan. Salah satunya adalah salat duha.

Permulaan salat duha adalah pada waktu matahari sudah naik kira-kira sepenggalah dan berakhir ketika matahari sudah zawal (bergerser ke barat). Jumlah rakaat salat duha sedikitnya dua rakaat sebagaimana tersebut dalam hadis Abu Dzar dan sebanyak-banyaknya adalah delapan, juga ada yang sampai 12 rakaat.

BACA JUGA: Sholat Hajat Meminta Jodoh Dan Rezeki Beserta Tata Caranya

"Rasulullah pada hari pembukaan Kota Mekkah salat duha delapan rakaat dengan salam pada tiap-tiap dua rakaat." (HR Abu Dawud)

Salat duha memiliki banyak keutamaan. Mengutip buku The Inner Power of Muslimah, ada lima keutamaan salat duha. Berikut penjelasannya.

1. Meraih Surga

Siapa yang tidak ingin masuk surga? Kita semua jelas ingin masuk surga dan salat duha bisa membukakan pintu surga untuk kita. Dari Abu Hurairah melalui Imam Tabrani, "Sesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut dengan pintu duha, kelak pada hari kiamat, para penikmat duha adakan diundang secara khusus, dikatakan kepada mereka, inilah pintu masuk kalian, masuklah dengan rahmat-Ku."

"Siapa yang melakukan salat duha 12 rakaat maka Allah bangunkan untuknya istana di surga." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. Terhalang dari Melakukan Dosa

Dengan menunaikan salat duha, kita bisa menjadi ahli ibadah dan terhalang dari melakukan dosa. "Zaid Aslam dari Umar, katanya, 'Nasihatilah aku, hai, Paman Abu Zar,' jawabnya, 'Terimalah nasihatku ini dari Nabii.' Sebagai berikut, "Pelaku salat duha tidak termasuk golongan manusia yang lupa (sekalipun hanya dua rakaat saja) dan yang melakukannya empat rakaat dimasukkan sebagai ahli ibadah. Dan yang melakukan enam rakaat selamat dari perilaku dosa pada hari tersebut, sedang yang melakukan delapan rakaat dibangunkan gedung di surga."

3. Mencukupi Sepanjang Hari

"Dari Na'im bin Himar bahwa Rasulullah pernah bersabda, 'Tuhanmu Allah SWT berfirman, 'Wahai anak cucu Adam, salatlah untuk empat rakaat pada pagi hari, maka salat itu akan mencukupi bagimu sepanjang hari.'" (HR Hakim dan Tabrani)

 

 

4. Diampuni Dosa

Sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda, "Siapa yang berdiri melakukan salat setelah berlalu salat subuh sehingga dia bertasbih dua rakaat salat duha tidak menagtakan kecuali yang baik maka diampuni dosanya sebanyak buih di lautan." 

"Barang siapa memelihara dengan betul akan salat duha, niscaya diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

5. Mendatangkan Rezeki

Salat duha itu mendatangkan rezeki dan menolak kefakiran dan tidak ada yang akan memelihara salat duha, melanikan hanya orang yang bertobat. Maksimalkan usaha kita dalam mencari rezeki dan imbangi juga dengan rutin salat duha untuk mendapatkan keberkahannya.

Semoga bulan Ramadan kali ini kita bisa mendapatkan banyak keutamaan dan keberkahan dari setiap ibadah yang kita lakukan, ya. 

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading