Sukses

Lifestyle

Tips Menjaga Lingkungan Tempat Tinggal Tetep Sehat saat Ramadan

Fimela.com, Jakarta Dengan ramadan yang berlangsung selama satu bulan lamanya, kita harus dapat membuat inisiatif untuk memulai gerakan Ramadan Hijau. Memastikan bahwa bulan Ramadan kita tetap ramah lingkungan adalah hal sangat penting. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan hijau saat Ramadan.

Kurangi Limbah Makanan dan Konsumsi Makanan Secukupnya

Buatlah makanan secukupnya dan jangan membuang-buang makanan apa pun. Ingatlah hadis bahwa sebaiknya mengisi 1/3 perut dengan makanan, 1/3 dengan air dan biarkan 1/3 kosong. Bila memiliki makanan yang masih tersisa ada baiknya untuk menyimpannya di lemari pendengin atau membagikannya kepada yang membutuhkan. Ingat jangan membuang-buang makanan.

Lakukan Sunnah Iftar

Konsumsi lebih banyak sayur dan buah dan mungkin juga untuk mengurangi daging. Ingatlah bahwa makanan Nabi sebagian besar terdiri dari biji-bijian, kurma, susu, madu, sayuran dan buah-buahan. Sedangkan daging, bukanlah bagian harian dari makanannya. Daging jauh lebih tinggi pada rantai makanan dan makanan yang lebih rendah pada rantai makanan dapat menghemat banyak sumber daya terutama air.

Manfaatkan Botol Plastik

Plastik harus diminimalkan karena bahaya, terkait dengan pemanasan global dan kesehatan. Sebagian besar plastik masuk ke TPA dan merusak lingkungan. Tahukah, bahwa plastik membutuhkan waktu sekitar 500 tahun untuk terurai. Paling tidak, jika menggunakan botol plastik satu kali, lebih baik simpan dan gunakan untuk isi ulang.

Kurangi Item Sekali Pakai

Kurangi atau bahkan jangan menggunakan barang-barang sekali pakai. Mulailah membawa peralatan sendiri untuk membawa menempatkan makanan jika hendak membawanya pergi. Gunakan botol minum, sendok, kotak nasi yang bisa digunakan secara ulang. Gunakan lap sebagai pengganti tisu.

Tanam Pohon

Cobalah untuk menanam lebih banyak pohon. Mulailah menanam sayuran menanam tanaman atau bunga-bunga. Selain itu, tanaman juga dapat memberikan kenyamanan, kegemibiraan dan kesenangan bagi roh manusia dan ingat bahwa menanam pohon dan tumbuhan lainnya adalah sebuah amal.

Semakin banyak perubahan yang terjadi, semakin banyak berkah di bulan Ramadan yang kita dapatkan. Bahkan ini semua demi kelangsungan hidup kita bersama.  

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading