Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Merawat Kulit Agar Tetap Sehat saat Ramadan

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar dari kita menginginkan kulit sehat, karena dengan kulit sehat, setiap orang akan lebih terlihat sehat dan segar dari luar. Memiliki kulit sehat juga menjadi indicator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan segar dapat kita lakukan perawatan dari luar atau dari dalam. Mengonsumsi makanan sehat juga dapat berpengaruh pada kesehatan kulit. Terlebih saat Ramadan seperti ini, selama beberapa jam Sahabat Fimela menjalankan puasa menahan makan dan minum. Hal ini mungkin akan membuat kita lebih mudah dehidrasi yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan kusam. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kulit tetap sehata selama menjalankan ibadah Ramadan.

Tetap Tehidrasi

Mengonsumsi air bermanfaat bagi kesehatan kulit. Minumlah setidaknya 8 gelas antara buka puasa dan sahur. Hindari mengonsumsi minuman berkarbonasi atau bergula seperti soda, jus, dan kafein karena dehirasi. Jika ingin mengonsumsi air yang sedikit berbeda, membuat infuse water. Insufe water dibuat dengan mencampurkan buah-buahan atau beberapa jenis daun ke dalam air untuk menghasilkan rasa yang segar. Ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendetox tubuh dan membuat tubuh tetap terhidrasi serta bebas dari kalori. Infuse water dapat dibuat dengan mengobinasikan buah-buahan seperti lemon, mentimun, jahe, jeruk, raspberry, nanas, dan daun mint.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

Selama Ramadan, kemungkinan kulit akan mengalami dehidrasi karena puasa. Ini dapat memperburuk dengan mencuci muka secara berlebihan. Jika ingin menyegarkan kulit, gunakan semprotan sebagai gantinya. Masukkan air ke dalam botol spray, kemudian masukkan ke dalam lemari es dan gunakan saat kulit terasa benar-benar kering.

Gunakan Sunblock

Selama bulan Ramadan di musim panas, penting agar kulit tetap terlindungi dari sinar matahari yang kuat. Oleskan sun block pada siang hari setidaknya memiiliki kandungan SPF 30. Gunakan sun block saat berada di luar ruangan selama lebih dari 3 jam. Tabir surya ini menawarkan perlindungan penuh tanpa menyumbat pori-pori.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Jika menginginkan kulit tampak bercahaya dan sehat bahkan saat puasa, tingkatkan asupan antioksidan saat berbuka puasa dan sahur. Konsumsilah makanan yang kaya serat dan antioksidan seperti almond, cokelat hitam, dan delima. Bila menemukan buah berry sebaiknya konsumsi beberapa kali dalam semigu, karena buah ini mengandung sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit setelah seharian berpuasa.

Gunakan Pelembab

Menggunakan pelembab kulit sangat penting juga dalam menjaga kesehatan kulit. Gunakan pelembab hydrating yang membantu kulit tetap terhidrasi saat Sahabat Fimela kekurangan mengonsumsi air di siang hari. Bagi mereka yang memiliki kulit berminyakm gunakan pelembab berbasis gel yang tinggi hidrasi.

Nah, berikut tadi beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat meskipun sedangn menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selain beberapa hal di atas, Sahabat Fimela juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan antioksidan. Pilih suplemen yang mengandung vitamin C,E, dan A serta selenium seng.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading