Sukses

Lifestyle

Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung dan Hipertensi

Fimela.com, Jakarta Banyak tantangan yang dihadapi oleh para penderita penyakit jantung dan hipertensi ketika menjalani ibadah puasa. Rasa khawatir akan kondisi kesehatan yang menurun menjadi alasan para penderita penyakit jantung dan hipertensi ketika puasa. Namun dr. David Dwi Ariwibowo, Sp.JP menuturkan bahwa puasa tidak memberikan dampak yang bermakna pada fungsi organ.

Justru, dengan puasa akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jantung dan tekanan darah. Hanya saja perlu diperhatikan pola konsumsi makan selama ibadah puasa. Mengingat kebanyakan orang akan cenderung lebih kalap dalam mengonsumsi makanan selama puasa.

dr. David Dwi Ariwibowo, Sp.JP menganjurkan sejumlah tips yang perlu dilakukan penderita penyakit jantung dan hipertensi selama puasa. Sehingga ibadah puasa berjalan dengan lancar.

Bagi penderita hipertensi, dianjurkan untuk mengatur kebiasaan dan gaya hidup. Dimulai dari mengurangi konsumsi garam, makanan kaleng yang mengandung banyak natrium, menjaga berat badan yang berpotensi meningkatkan tekanan darah, serta menjaga pola stres.

 

Tips puasa bagi penderita penyakit jantung

Sementara bagi penderita penyakit jantung, tetap harus membatasi aktivitas sehari-sehari.

"Penyakit jantung itu spektrumnya sngat luas. dari ringan sampai berat. Hal inipun secara langsung membatasi aktivitas sehari-hari. Tidak puasa sekalipun, aktivitasnya dibatasi. Tidak melakukan aktivitas berat yang membebani jantung. Di bulan puasa perlu dilakukan pembatasan yang lebih ketat sehingga tidak memperburuk kondisi jantung.," ujar dr. David Dwi Ariwibowo, Sp.JP.

Selain membatasi aktivitas, penderita penyakit jantung juga dianjurkan utnuk mengatur pola makan selama bulan puasa. Tetap menghindari gorengan, tinggi lemak terutama lemak jenuh, makanan yang mengandung garam.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Berikut Ini Jodoh dan Waktu yang Tepat untuk Masing-masing Zodiak
Artikel Selanjutnya
Ketahui 5 Zodiak yang Paling Dibenci oleh Cancer