Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Bisa Dilakukan Perempuan untuk Menjaga Diri dari Kekerasan Seksual

Fimela.com, Jakarta Perempuan diciptakan di dunia ini bukan untuk dilecehkan. Setara, sama, adil adalah hal yang seharusnya perempuan dapatkan selayaknya sebagai manusia. Sayangnya, tidak banyak orang yang menganggap seperti itu.

Hanya karena lemah secara fisik daripada lawan jenisnya, perempuan lebih sering menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual. Dengan berita baru-baru ini yang menarik RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), perempuan mau tak mau harus berjuang mempertahankan dan menjaga dirinya sendiri. Ini yang harus dijadikan bekal setiap perempuan.

1. Katakan 'tidak' dengan tegas

Jangan tampak lemah adalah awal yang harus dimiliki perempuan. Jika ingin menolak, katakan dengan tegas. Kata 'tidak' harus lantang diucapkan, jangan sampai orang menganggap 'tidak' kita adalah sebagai 'iya'.

2. Jangan mau dilecehkan

Tak perlu berkompromi atau menoleransi perlakuan buruk yang diberikan orang lain. Mungkin kamu pemaaf, tapi jangan jadi pemaaf atu punya toleransi untuk pelecehan atau kekerasan seksual.

3. Perlakukan diri sendiri dengan baik dulu

Setiap orang ingin diperlakukan baik, maka perlakukan dirimu sendiri dengan baik agar diperlakukan orang lain dengan baik. Jika kamu belum menghargai dirimu sendiri, orang akan mudah menjadikanmu target pelecehan.

4. Speak up

Masalah yang sering terjadi, korban kekerasan seksual malu mengakui dirinya menjadi korban. Jika memang menjadi korban, katakan agar bisa menjadi peringatan bagi korban lain maupun pelaku yang seharusnya mendapatkan hukuman.

5. Hentikan menyalahkan korban

Bahkan perempuan sendiri bisa sangat kejam terhadap perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual. Mulailah menjadi perempuan yang punya empati, hentikan menyalahkan korban kekerasan.

6. Perbanyak pemahaman tentang kekerasan seksual

Ketika dirimu tahu apa itu kekerasan seksual, dalam batasan apa saja perlakuan bisa disebut kekerasan seksual, kamu akan lebih bisa menempatkan diri. Apa yang harus dilakukan agar bisa mendapat keadilan.

7. Melatih pertahanan diri

Inilah modal yang diperlukan para perempuan. Bela diri, selalu jaga gas air mata, menutup bagian tubuh yang rentan dilecehkan dan lain sebagainya, miliki pertahan diri yang ampuh untukmu.

Perempuan perlu berdiri dan mempertahankan dirinya sendiri, terlepas dari ada tidaknya undang-undang yang melindunginya dari kekerasan perempuan.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading