Sukses

Lifestyle

Musim Pancaroba Batuk Bisa Menyerang Anak Kapan Aja, Yuk Kenali Dulu Jenisnya

Fimela.com, Jakarta Siapa yang nggak sedih sih kalau melihat si Kecil tiba-tiba batuk. Tawa riangnya, mendadak berganti jadi suara batuk yang kadang membuatnya tampak terganggu. Nggak jarang pula, si Kecil juga merasakan sakit akibat batuk yang datang secara nggak terduga.

Terlebih di musim pancaroba seperti sekarang, buah hati bakal rawan terkena batuk. Namun nggak perlu buru-buru khawatir. Biar tahu bagaimana cara mengatasinya, nggak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dulu beberapa jenis batuk pada anak berikut ini.

Batuk Pilek

Batuk pilek memiliki gejala yang muncul secara bertahap. Menurut lansiran jurnal Healthy Children, American Academy of Pediatrics (2019): Caring for Your Cold and Flu Symptoms, kondisi ini biasanya diawali dari sakit tenggorokan yang akan membaik dalam 1-2 hari. Sementara gejala lain yang turut mengiringi batuk pilek, antara lain bersin-bersin, hidung tersumbat, dan batuk. Biasanya gejala-gejala lain tersebut baru muncul pada hari keempat atau kelima. Batuk pilek umumnya membaik dalam waktu seminggu.

Batuk Flu

Berbeda dengan batuk pilek, batuk flu sering kali muncul dan memberat secara mendadak dalam kurun waktu beberapa jam. Dilansir dari Center for Disease Control and Prevention (2018): Difference between Cold and Flu, buah hati yang mengalami batuk flu ini akan mengalami gejala yang lebih serius, dibandingkan batuk pilek. Beberapa gejala tersebut termasuk bersin-bersin, hidung tersumbat dan berair, hingga sakit tenggorokan.

Bukan itu saja, batuk flu juga kerap ditandai dengan munculnya gejala demam dengan suhu tubuh 38 derajat Celcius atau lebih, batuk dan nyeri dada, menggigil, sakit kepala dan nyeri otot di seluruh tubuh, sampai rasa lemah dan sangat lelah yang membuat penderitanya kesulitan melakukan beragam kegiatan. Beragam keluhan pada batuk flu ini umumnya akan berlangsung selama seminggu. Namun, nggak jarang juga keluhan berlanjut sampai dua minggu lamanya.

Batuk Berdahak

Sementara menurut informasi dari WebMD: Productive Cough dan National Center of Biotechnology Information (NCBI): Honey for acute cough in children, dijelaskan jika batuk berdahak terjadi ketika paru mengalami infeksi, sehingga menyebabkan produksi dahak melebihi kadar normal. Hal inilah yang membuat tenggorokan jadi dipenuhi dahak dan ikut terdorong keluar saat sedang batuk. Dengan kata lain, batuk menjadi cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak, agar bisa bernapas lebih lega. Batuk berdahak ini pun bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti pilek, pneumonia dan sinusitis.

Sekalipun sama-sama dinamakan batuk, tetapi perlu cara yang berbeda-beda untuk menanganinya. Kabar baiknya, kini ada obat batuk khusus si Kecil yang disesuaikan dengan jenis batuk yang dialaminya. Apabila buah hati sedang terkena batuk pilek sebagaimana gejala-gejala tersebut, Bunda dapat memberikan Anakonidin. Sirup obat batuk dan pilek tanpa alkohol dengan rasa cherry yang disukai anak. Anakonidin hadir dalam kemasan 30ml dan 60ml.

Sementara jika si Kecil menunjukkan gejala batuk dan flu sekaligus, pilihlah Anakonidin OBH. Sirup obat batuk dan flu dengan strawberry yang disukai anak-anak ini, membantu meredakan batuk dan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, serta bersin-bersin. Anakonidin OBH tersedia dalam kemasan botol 30ml dan 60ml.

Sedangkan bila si Kecil mengalami batuk berdahak, atasi segera dengan Anakonidin Mucolytic & Expectorant. Sirup obat batuk dengan rasa blueberry ini membantu meredakan batuk berdahak pada anak. Selain itu, Anakonidin Mucolytic & Expectorant mampu mengencerkan dahak pada saluran napas dan mempermudah pengeluaran dahak pada anak. Sirup obat batuk ini tersedia dalam kemasan 30ml dan 60ml.

Selain itu, ada pula Anakonidin Herbal. Sirup obat batuk herbal untuk anak dengan rasa cherry mint yang terbuat dari bahan jamu dan tanpa kandungan alkohol. Anakonidin Herbal pun tersedia dalam kemasan 30ml, 60ml dan 100ml. Lengkap bukan pengobatan batuk pada anak dari Anakonidin? Jadi, jangan sampai salah pilih ya. Informasi lebih lanjut dapat langsung klik di sini.

;
Loading