Sukses

Lifestyle

Hidup Sedang Berat tapi Berusaha Baik-Baik Saja di Depan Keluarga, Ini 5 Kelebihanmu

Fimela.com, Jakarta Semakin bertambah usia, maka tanggung jawab pun bertambah. Saat kita mulai bekerja atau membangun karier, maka ada banyak hal yang harus kita kerjakan. Energi dan waktu kita banyak terkuras habis untuk berjuang mewujudkan impian-impian. Letih luar biasa pun akan makin sering kita rasakan dari waktu ke waktu.

Hanya saja kadang kita akan berusaha untuk tetap tampak  baik-baik saja di depan keluarga meski sebenarnya kita sedang sangat letih. Seperti ketika kita merantau jauh dari keluarga dan membangun karier yang lebih baik, setiap kali menyapa keluarga melalui telepon atau panggilan video, kita akan berusaha mengatur nada bicara kita tetap ceria. Kita tak ingin memperlihatkan keletihan kita di depan keluarga. Meski tak mudah, tapi dengan cara ini biasanya kita akan mendapatkan semangat serta motivasi baru jalani hidup yang kadang tidak mudah.

1. Tidak Mudah Menyerah Hadapi Kerasnya Kehidupan

Ada saatnya kita memilih untuk menyembunyikan kesedihan dan kesulitan hidup di depan keluarga karena kita tak ingin membuat mereka khawatir. Berusaha tetap tersenyum dan mengatakan diri kita sedang baik-baik saja bisa menenangkan hati keluarga. Dari sini kita bisa mendapat semangat baru untuk jalani hidup dengan lebih baik. Sehingga tidak mudah menyerah saat dihadapkan pada permasalahan baru dalam kehidupan.

2. Lebih Optimis Jalani Kehidupan

Mengutip buku Rahasia DNA, hidup untuk orang lain adalah hakikat manusia yang terukir dalam gen. Insting, pemikiran, dan tindakan altruitis di mana lebih mementingkan kekasih, keluarga, orang lain, dan dunia dibandingkan diri sendiri adalah naluri manusia. Sudah ada naluri dalam diri untuk membahagiakan orang lain untuk membuat hidup lebih bermakna dan pastinya membuat hidup kita sendiri lebih bahagia. Ada optimisme kuat yang terbentuk saat kita bisa membahagiakan keluarga dengan membuat hati mereka tenang di mana pun kita berada.

3. Punya Rasa Percaya Diri yang Tinggi terhadap Setiap Keputusan Hidup

Semakin dewasa akan muncul lebih banyak keputusan hidup yang kita ambil. Sebagai contoh, saat ini kita memutuskan untuk merantau jauh dari orangtua demi mewujudkan impian terbesar membanggakan keluarga dengan karier  yang kita punya. Tidak mudah membuat keputusan besar seperti itu. Namun, dengan mendapat dukungan dan kepercayaan dari orangtua kita bisa lebih percaya diri bahwa keputusan yang kita buat adalah keputusan terbaik. Sehingga kita akan lebih bertanggung jawab dengan setiap pilihan hidup. Sebab ada keluarga yang selalu mendukung kita dan perlu kita bahagiakan. 

4. Tidak Manja

Salah satu tanda seseorang sudah dewasa adalah tidak lagi manja. Tidak lagi menyusahkan banyak orang atau menuntut orang lain untuk memenuhi setiap keinginan. Sehingga lebih fokus untuk berdiri di atas kaki sendiri dan lebih mandiri. Ada saatnya kita perlu tampak baik-baik saja meski sebenarnya baru ada masalah di depan keluarga supaya keluarga lebih tenang. Serta keluarga bisa lebih percaya pada kita dan mendoakan lebih banyak kebaikan untuk kita. 

5. Tidak Mudah Membesar-besarkan Masalah

Semakin kompleks kehidupan kadang masalah yang datang juga semakin kompleks. Namun, bukan berarti kita akan selalu membesar-besarkan setiap permasalahan yang ada. Ada saatnya permasalahan tertentu tak perlu kita bagi kepada keluarga karena hanya akan membuat mereka makin terbebani. Dengan cara ini, kita pun akan terdorong untuk lebih fokus mencari akar masalah dan menyelesaikannya. Tidak terlalu membesar-besarkan masalah atau malah makin "drama" dengan masalah yang ada.

Setiap pribadi pastinya punya situasi dan kondisi berbeda. Bahkan punya karakter keluarga yang berbeda satu sama lain. Ada yang merasa baik-baik saja dan tak masalah untuk mencurahkan isi hati soal setiap permasalahan yang dihadapi kepada keluarga. Ya, semuanya pun kembali pada situasi masing-masing.

Untukmu yang memilih untuk berusaha tetap baik-baik saja di depan keluarga meski hidup yang kamu alami sedang berat, semoga kamu semakin dikuatkan. Semoga langkahmu makin diringankan untuk mewujudkan setiap impian terbaikmu.

#ChangeMaker

;
Loading