Sukses

Lifestyle

Santap 7 Makanan Ini di Musim Panas untuk Kulit Cantik Bercahaya

Fimela.com, Jakarta Musim panas dirayakan dengan suka cita oleh orang yang tinggal di negara empat musim. Meski kita bisa merasakan musim panas sepanjang tahun, kita juga bisa ber-euphoria menikmati musim panas dengan makanan yang direkomedasikan.

Di tengah pandemi virus corona yang masih melanda berbagai penjuru dunia, musim panas tetap dinikmati dengan bahagia. Seperti dengan mengonsumsi makanan tertentu untuk kulit cantik bercahaya rekomendasi para ahli melansir dari thehealthy.com;

 

1. Tomat dapat mengembalikan kerusakan akibat sinar matahari

Ingin meminimalisir bintik-bintik matahari atau luka bakar? Tambahkan tomat mentah pada salad.

"Tomat adalah sumber antioksidan lycopene yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan lingkungan yang menyebabkan bintik hitam, garis kulit, kulit kering dan kasar," ujar Owner BZ Nutrition Brigitte Zeitlin.

 

Minyak kelapa menyamarkan kerutan

Minyak kelapa memiliki fungsi membangun kembali jaringan kulit dan secara teratur dapat digunakan baik secara topikat maupun internal untuk menghilangkan keriput.

"Minyak kelapa menghidrasi dan membangun jaringan ikat kita yang sering rusak dan menjadi penyebab keriput. Jenis terbaik adalah minyak kelapa murni organik yang bisa dipakai untuk menumis," ujar Ahli Gizi dan Owner Nao Nutrition di New York Nikki Ostrower.

 

3. Kacang Brazil untuk elastisitas kulit lebih baik

Antioksidan seperti selenium telah terbukti membantu mengurangi stres oksidatif yang dikatikan dengan penuaan dini. Dengan menetralkan radikan bebas berlebih dan melindungi dari kerusakan sel. 

"Selenium melingungi kualitas dan elastisitas kulit, yang melindungi kulit akibat kerusakan sinar matahari dan menunda penuaan dini," lanjut Ostrower.

 

4. Hilangkan mata panda dengan teh hijau

"Seringkali alergen menjadi penyebab lingkaran hitam atau bengkak pada mata. Untungnya ada antihistamin yang bisa dimakan, carilah makanan yang mengandung quercetin tinggi seperti blackberry, blueberry, dan teh hijau," ujar Owner Foodtrainers di New York Lauren Slayton.

 

5. Atasi kulit mengelupas dengan buah ceri

Sebuah tinjauan penelitian yang melihat manfaat kesehatan dari ceri yang diterbitkan tahun 2018 oleh Nutrients menunjukkan makan ceri manis atau asam dapat mencegah dan mengurangi stres oksidatif yang berperan dalam proses penuaan dan peradangan.

"Kehebatan buah ini juga kaya vitamin C dan potasium, dua nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C memompa kolagen dan potasium menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Membuat kulit bersinar dan mencegah kulit kering dan bersisik," ujar Zeitlin.

 

6. Zucchini membantu produksi kolagen

"Jenis labu atau timun ini kaya akan mangan dan mineral yang membantu memerangi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit. Juga membantu produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit serta melawan ruamh karena panas matahari," ujar Zeitlin.

 

7. Jahe dapat mengobati jerawat

Jahe kerap disertai dalam penanganan jerawat seperti dalam facial foam, gel, lotion, dan krim seperti antibiotik atau retinoid. Kandungan zinc pada jahe menjadi mineral terpenting bagi kesehatan kulit berjerawat.

"Zinc mengendalikan produksi minyak dan hormon yang menyebabkan jerawat. Seringkali orang yang kekurangan zinc potensial berjerawat," ujar Ostower.

 

;
Loading