Sukses

Lifestyle

5 Tips Ini Membantumu Menghemat Uang Belanja Makanan

Fimela.com, Jakarta Sangat mudah untuk berjalan menyusuri lorong toko bahan makanan dan mengisi keranjang dengan barang-barang yang tidak ada dalam daftar rencana belanja. Memotong tagihan belanja bisa tampak sulit pada awalnya, tetapi dengan rencana dan sedikit perubahan tentang bagaimana, kapan dan di mana dirimu belanja hal itu bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan Sahabat Fimela lakukan untuk menghemat lebih banyak uang belanja makanan.

Periksa Bahan Makanan

Satu hal yang membuat tagihan belanja meroket adalah adanya makanan sisa. Di rumah, sisa makanan dapat berupa beberapa bentuk, seperti sisa makanan yang berubah menjadi berlendir dan berjamur atau produk segara yang perlaham membusuk, terlupakan di dalam lemari es. Dirimu dapat menyia-nyiakan makanan. Untuk mengurangi limbah makanan, mulailah dengan melihat isi dapur. Catat apa yang sudah dirimu miliki dan apa yang perlu dimakan secepatnya.

Buat Rencana

Perencanaan membantumu menggunakan apa yang sudah dimiliki di dapur dan memungkinkanmu membatasi apa yang dibeli untuk keperluan belanja berikutnya. Tapi ada cara yang benar-benar salah dalam merencanakan makan. Cara yang tepat untuk merencanakan makan adalah dengan membuat daftar yang realistis. Alih-alih mengambil  buku resep rumit secara online, yang membutuhkan banyak bahan serta banyak waktu dan tenaga, buat semuanya tetap sederhana.

Carilah ide makan yang menggunakan apa yang dimiliki dan tidak membutuhkan bahan esoterik. Jika memungkinkan rencanakan makan selama seminggu untuk menyajikan menu makan yang berbeda setiap hari hanya dengan satu atau beberapa jenis bahan makanan.

Buat Daftar Belanja

Saat dirimu pergi ke toko bahan makanan dengan daftar, akan memungkinkanmu tidak lupa untuk membeli semua yang dibutuhkan dan jika membuat aturan hanya untuk membeli apa yang ada di daftar, dirimu tidak menghabiskan lebih dari yang direncakan untuk pembelian impulsif.

Beli Bahan Makanan Musiman

Buah dan sayuran yang dibeli pada musimnya cenderung lebih murah daripada produk di luar musim baik mendapatkan di pasar petani atau ke toko bahan makanan konvensional. Salah satu cara untuk membuat makanan lebih tahan lama adalah dengan mengawetkan hasil panen musiman. Ingatlah untuk membelinya dan menyimpannya hanya apa yang menurutmu dapat digunakan.

Belanja Lebih Sedikit

Melakukan hal itu akan membantumu memangkas pengeluaran belanja yang berlebih. Semakin seidkit waktu yang dihabiskan di toko, semakin seidkit peluang untuk melakukan pembelian impulsif. Sedikit berbelanja juga membantumu menggunakan apa yang dimiliki sebelum pegi ke toko lagi yang akan membantumu mengurangi limbah makanan di rumah sekaligus mengurangi biaya makan.

Berikut tadi beberapa hal yang dapat dilakukan Sahabat Fimela untuk menghemat uang belanja makanan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading