Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Suka Cari Jodoh dengan Cara Ini Tanda Kamu Tidak Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang lebih mengesalkan ketimbang mendapatkan pertanyaan kapan nikah terus-menerus dari banyak orang. Hal ini membuat banyak perempuan merasa buruk dengan dirinya sendiri. Pada akhirnya, banyak perempuan yang merasa tertekan dan mencari segala cara untuk bisa mencari jodoh. Salah satu caranya adalah dengan mencoba kencan online atau daring.

Tapi tahukah Sahabat Fimela bahwa ternyata cara seseorang mencari jodoh ternyata bisa mengungkapkan seperti apa orang tersebut. Sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam seminar tahunan American Psychological Association menunjukkan bahwa orang yang sering menggunakan aplikasi kencan online ternyata memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Pneeliti Jessica Strübel, PhD dari University of North Texas menjelaskan dalam presentasi bahwa para pengguna Tinder memiliki rasa percaya diri dan tingkat kepuasan yang rendah terhadap penampilan mereka baik secara wajah maupun bentuk badan, dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan Tinder.

Pengguna aplikasi kencan online

Dalam penelitian yang melibatkan 1.044 perempuan dan 273 laki-laki ini meminta para partisipan untuk mengisi kuisioner dan bertanya mengenai bagaimana mereka melihat tubuh mereka sendiri.

"Kami menemukan bahwa pengguna aktif Tinder, terlepas dari laki-laki maupun perempuan, ternyata menunjukkan ketidakpuasan terhadap tubuh mereka, merasa malu, suka membandingkan diri secara fisik dengan orang lain, lebih percaya pandangan masyarakat tentang seperti apa itu cantik dan mengikuti media yang suka membentuk image cantik dengan cara yang salah", ujar Strübel.

Mungkin itu juga alasan mereka lebih memilih kencan online, karena tidak merasa percaya diri jika harus bertemu langsung. Tapi tentu saja hal ini tak lantas menyetarakan semua pengguna aplikasi kencan online.

Ada juga yang menggunakannya karena alasan iseng, diminta orangtua, dan lain sebagainya. Namun akan lebih baik jika meningkatkan rasa percaya diri dulu ya Sahabat Fimela. Cintai dirimu sendiri lebih dulu sebelum memberi cinta pada orang lain.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading