Sukses

Lifestyle

5 Cara yang dapat Dilakukan untuk Mengatasi Trauma Akibat KDRT

Fimela.com, Jakarta Kekerasan dalam rumah tangga adalah topik hangat saat ini. Bahkan jika dirimu pikir itu tidak banyak terjadi, angka-angka menceritakan kisah yang berbeda. Banyak perempuan mendapatkan perilaku yang sebenarnya tidak layak mereka dapatkan. Para korban KDRT dan pelecehan emosional membutuhkan banyak waktu untuk kembali ke pulih dari trauma.

 Mereka percaya bahwa mereka tidak akan pernah bisa menjadi versi diri mereka seperti sebelumnya. Mereka terkadang berkata bahwa perilaku pasangannya buruk karena tidak tahu bagaimana cara membuatnya bahagia. Tetapi itu tidak benar. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu korban KDRT mengatasi rasa takut akibat kejadian yang mereka alami.

Ini Sepenuhnya Bukanlah Salahmu

Hal pertama yang perlu diingat adalah bahawa itu bukan salahmu. Pelecehan yang dialami hanya mengatakan sesuatu tentang perilakumu dan bukan tentangmu. Ketahuilah, bahwa dirimu memberikan segalanya untuk pasangan dan berusaha membuat hubungan yang lebih baik. Namun, pasanganmu mungkin telah menyia-nyiakanmu dan tidak ingin berusaha memperbaiki hubungan.

Cari Perlindungan

Cara yang terbaik untuk mengatasi masalah rasa takut setelah selamat dari kekerasan dalam rumah tangga adalah dengan mendapatkan perlindungan. Dirimu dapat meminta bantuan hukum dan perintah penahanan. Dengan begitu dirimu, akan jauh lebih tenang karena tahu bahwa dirimu aman. Mungkin dirimu akan sangat takut, sehingga dirimu mengira dia akan muncul dari balik sudut.

Begitu dirimu menunjukkan kepadanya bahwa dirimu dapat mengambil semua tindakan untuk melindungi diri sendiri, dia akan berhenti melawannya. Dia mungkin akan beralih ke korban lain dan melakukan hal yang sama padanya. Pelaku kekerasan tidak berubah jadi jangan berpikir bahwa dia akan menjadi pria yang baik.

Kunjungi Terapis

Cara lain yang baik untuk mengatasi rasa takut adalah mencari terapis profesional yang akan membantu menyingkirkannya. Dengan begitu, dirimu akan memiliki seseorang untuk diajak bicara, seseorang yang akan mendengarkanmu tanpa menghakimi. Dirimu akan mendapatkan semua pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyembuhkan. Proses ini mungkin memakan waktu lebih lama dari yang dikira.

Ikuti Kelas Bela Diri

Salah satu cara yang bagus untuk mengatasi ketakutan setelah kekerasan dalam rumah tangga adalah dengan mendaftarkan diri di kelas seni bela diri. Ada olahraga sperti kickboxing, Jiu-Jitsu, Krav Maga dan lainnya yang dapat membantumu mendapatkan kepercayaan diri. Ini adalah langkah kecil yang akan membantumu menghilangkan rasa takut akibat pelecehan. Selain itu ini juga bisa menjadi bekal melindungi diri dari ancaman yang bisa mengintaimu setiap saat.

Kelilingi Dirimu dengan Orang-orang yang dapat Dipercaya

Begitu dirimu lepas dari hubungan kekerasan dalam rumah tangga, akan sulit bagimu untuk mempercayai seseorang setelah itu. Itulah mengapa dirimu harus berada di sekitar orang yang dapat menjagamu. Itu akan membantumu merasa lebih aman.

Berikut tadi beberapa cara yang mungkin dapat dilakukan untuk membantu seseorang yang mengalami trauma akibat kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading